blog 1

ARTIKEL

Apa saja yang menyebabkan nyeri punggung ini terjadi? Apakah bisa diobati secara alami dan tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh? Simak informasinya berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Punggung Bawah Secara Alami dan Efektif

Nyeri punggung bawah menjadi salah satu keluhan yang banyak dialami selama WFH. Namun, apa saja yang menyebabkan nyeri punggung ini terjadi? Apakah keluhan yang satu ini bisa diobati secara alami dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh? Simak informasinya berikut ini.

Menstruasi Pada Wanita

Keluhan nyeri punggung bawah lebih banyak dialami oleh wanita, terutama saat menstruasi. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon, yaitu meningkatnya hormon prostaglandin yang berperan untuk merangsang terjadinya kontraksi dan relaksasi otot polos pada tubuh manusia, terutama pada otot rahim selama menstruasi. 

Jika sakit punggung mulai terjadi, maka cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompres bagian punggung menggunakan handuk atau kain bersih yang dibasahi menggunakan air hangat, melakukan gerakan peregangan, dan menghindari konsumsi minuman beralkohol, kafein, dan minuman yang tinggi kadar gulanya.

Posisi Tidur yang Salah 

Penyebab selanjutnya adalah posisi tidur yang salah dan kondisi kasur yang kurang sesuai untuk kesehatan tulang punggung manusia. Umumnya, posisi tidur yang baik memosisikan kepala berada pada satu garis lurus dengan punggung dan kaki (posisi terlentang) atau setidaknya posisi kepala tidak terlalu tinggi daripada anggota badan lainnya. Tak lupa juga untuk memilih kasur yang tidak terlalu empuk untuk menjaga postur tulang belakang tidak berubah. Hindari untuk menumpuk bantal terlalu tinggi, ya.

Baca Juga: Bangun Tidur Kok Malah Pegal Linu? Mungkin Ini Penyebabnya...

Posisi Duduk yang Kurang Tepat

Terlalu lama duduk di depan komputer dengan posisi membungkuk juga bisa menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami sakit punggung bagian bawah. Untuk itu, usahakan untuk duduk dalam posisi tegak untuk menjaga postur tulang belakang. 

Stres dan Pertambahan Berat Badan

Sakit punggung juga bisa muncul akibat adanya ketegangan otot di bagian pinggang dan punggung yang dipicu stress emosional akibat tekanan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Selain itu, pertambahan berat badan juga disebut-sebut bisa menjadi salah satu alasan mengapa mereka jauh lebih rentan mengalami sakit punggung, hal ini karena tulang belakang harus bekerja dua kali lebih keras dalam menopang beban tubuh.

Baca Juga: Apakah Pegal di Leher dan Bahu Pertanda Stres?

Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri punggung bawah secara alami?

1. Memenuhi Kebutuhan Istirahat

Bekerja dari rumah bukan berarti harus menyelesaikan semua pekerjaan hingga larut malam bahkan begadang hingga dini hari. Hal ini akan mengganggu waktu istirahat dan tentunya kesehatan tubuh. Kurangnya waktu istirahat konon bisa mengurangi tingkat konsentrasi hingga memicu seseorang merasakan keluhan sakit punggung dan badan kaku saat bangun di keesokan harinya. 

2. Memilih Kasur yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih kasur yang tepat. Pasalnya, kasur dengan tekstur yang terlalu keras maupun terlalu empuk ternyata bisa memengaruhi kelengkungan tulang belakang dan juga tulang leher. Hal inilah yang seringkali membuat seseorang merasakan sakit punggung saat bangun tidur. 

3. Olahraga itu Wajib!

Jangan habiskan waktu Anda hanya dengan bekerja, namun luangkan juga waktu untuk berolahraga, baik saat pagi maupun setelah bekerja. Beberapa aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan contohnya mulai dari bersepeda, jalan kaki 10.000 langkah, melakukan gerakan peregangan di sela pekerjaan, mempraktikkan gerakan yang bisa Anda tonton di internet, atau dengan olahraga angkat beban di rumah menggunakan peralatan olahraga seadanya (dumbble atau botol air minum kemasan 1,5 liter yang diisi air sebagai penggantinya). Dengan begini, kesehatan tubuh tetap terjaga saat bekerja dari rumah selama pandemi.

4. Minum Obat Herbal Pereda Nyeri Pinggang Bawah

Cara alami dan efektif selanjutnya yang bisa Anda tempuh adalah dengan minum obat pereda nyeri, yang mengandung bahan alami pilihan, seperti ekstrak jahe, kunyit, ginseng, madu, jeruk nipis, dan beberapa bahan herbal lainnya yang dipercaya bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan juga pegal linu.

Baca Juga: Istirahat Nyenyak, Ini Obat Pereda Nyeri Sendi Akibat Pekerjaan Berat

SHARE ON :