Bangun Tidur Kok Malah Pegal Linu? Mungkin Ini Penyebabnya...

Bangun Tidur Kok Malah Pegal Linu? Mungkin Ini Penyebabnya...

09-December-2020
Share

Harapannya, tubuh akan terasa lebih segar setelah bangun tidur. Kenyataannya? Sekujur tubuh malah pegal linu! Kira-kira apa ya penyebabnya dan bagaimana cara agar kondisi tubuh bisa lebih optimal di pagi hari? Simak penjelasannya!

Tidur tidak nyaman

Ketika di pagi hari Anda terbangun dalam kondisi tubuh pegal linu, penyebab utamanya tentu saja rasa tidak nyaman yang dialami selama tidur. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari perlengkapan tidur yang sudah tidak mendukung (matras terlalu tipis atau pegas rusak, bantal terlalu tipis atau tinggi, dan sebagainya) ataujustru posisi tidur Anda yang salah. Posisi tidur tengkurap dapat menyebabkan bangun tidur badan pegal dan sakit di pagi hari. Baiknya, gunakan posisi tidur terlentang dengan bantal di bawah lutut untuk menjaga tulang belakang dalam kondisi netral. Bisa juga memilih opsi tidur miring dengan bantal di antara kedua lutut.

Olahraga di pagi hari

Meski sudah berupaya meningkatkan kualitas tidur, pegal linu masih mungkin terjadi. Terutama jika Anda termasuk orang yang banyak bergerak dan sulit mengatur posisi sewaktu tidur. Berolahraga—atau minimal melakukan peregangan ringan setelah bangun tidur. Idealnya, lakukan minimal 30 menit setiap harinya. Olahraga dapat mengurangi kemungkinan pegal linu karena dapat menjaga otot tetap lentur dan menjaga massa otot sehingga terhindar dari peradangan otot.

Asupan vitamin B1

Pegal linu bisa juga disebabkan karena kekurangan vitamin, khususnya vitamin B1. Seperti diketahui, vitamin B1 diperlukan tubuh untuk otot selain saraf, jantung, dan otak. Apabila keluhan pegal linu mereda dengan menambah asupan atau suplemen vitamn B1, itu berarti Anda mengalami kekurangan vitamin B1.  

Dehidrasi

Tanpa kecukupan air, kerja tubuh tidak akan optmal saat menjalankan berbagai proses penting termasuk pernapasan hingga metabolisme. Akibat dari dehidrasi, Anda bisa saja merasakan sakit pada sejumlah anggota badan. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda tidak lain dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air setiap hari.

Stres

Ternyata stres membuat tubuh tidak dapat mengontrol respons terhadap peradangan. Akibatnya, tubuh Anda tidak dapat melawan infeksi atau penyakit seperti biasanya. Tak heran jika setelah bangun tidur seluruh badan menjadi pegal. Pegal karena stres cukup sulut diatasi karena ‘penyakit’ tersebut bersumber dari pikiran Anda. Namun Anda bisa memperbaiki keadaan ini dengan membuat perubahan kecil pada gaya hidup sehari-hari.

Sedia NEO rheumacyl Oralinu

Untuk mengatasi pegal linu, selalu sedia NEO rheumacyl Oralinu. Obat herbal yang mengandung berbagai macam tanaman herbal yang efektif meredakan nyeri sendi, pegal linu, nyeri akibat encok dan sakit otot pinggang. NEO rheumacyl Oralinu dikemas dalam sachet sehingga praktis dikonsumsi dimana saja dan kapan saja. Di pagi hari setelah bangun tidur, apabila tubuh Anda terasa pegal linu, Anda bisa mengonsumsi NEO rheumacyl Oralinu secara langsung atau[un mencampurnya dengan secangkir teh hangat. Setelahnya, ucapkan selamat tinggal pada pegal linu!

 

Related Article

SENDI

Mulai Ikutan Tren Sepeda? Ini Tips untuk Atasi Pegal Linu Setelah Gowes

Bukan hanya ketika Anda sedang melaju dengan sepeda, tetapi juga setelah Anda selesai bersepeda. Berikut ini adalah tips untuk atasi ...

Read More

SENDI

Bagaimana Membedakan Radang Sendi dan Pegal Linu?

Nyeri ataupun pegal, seringkali dianggap sama dan diatasi dengan cara yang serupa.Apapun itu, tidak boleh disepelekan dan cara penangannya pun ...

Read More

SENDI

Aktivitas Mulai Padat Lagi? Ini Cara Agar Badan Tidak 'Kaget' dan Pegal Linu

Selama pandemi, Anda telah mengalami berbagai penyesuaian aktivitas dan harus segera beradaptasi. Berikut ini adalah cara agar badan tidak ‘kaget’ ...

Read More