blog 1

ARTIKEL

Pernahkah Anda mengalami kram saat tidur, terutama di bagian betis? Kram pada bagian kaki, terutama betis? Apa penyebab seseorang mengalami kram saat tidur? Simak informasinya

Seringkali Kram Saat Tidur, Berbahayakah?

Pernahkah Anda mengalami kram saat tidur, terutama di bagian betis? Kram pada bagian kaki, terutama betis, maupun paha dan jari kaki ini berkaitan dengan paparan suhu dingin atau otot yang tegang setelah bekerja keras. Namun, apa penyebab lain seseorang mengalami kram saat tidur dan hal ini termasuk kondisi yang berbahaya?
 

Sirkulasi Darah yang Tidak Lancar

Kram saat tidur mungkin terjadi akibat sirkulasi darah yang tidak lancar. Dilansir dari situs Alodokter, tidak lancarnya suplai darah ke bagian betis dapat menimbulkan nyeri selama beberapa saat, bisa sewaktu kita tidur atau saat posisi tubuh kurang rileks sehingga otot paha maupun betis tertekan. Untuk mencegah hal ini terjadi, biasakan untuk tidur dalam posisi terlentang dengan keadaan kedua lengan berada di samping.

Kekurangan Cairan Tubuh dan Jarang Melakukan Latihan Gerakan Stretching

Salah satu penyebab kram saat tidur adalah akibat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Karenanya biasakan untuk minum air mineral delapan gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Tak hanya itu, jarang melakukan aktivitas fisik juga bisa menyebakan otot menjadi menegang, karena lakukan orlahraga rutin atau sekedar melakukan latihan gerakan stretching ringan. Latihan ini diperlukan, untuk membantu merilekskan otot dan persendian, sehingga ketika Anda dihadapkan pada rutinitas padat dan kerja berat otot-otot tidak mengalami kaget.

Baca Juga: Makanan yang bermanfaat utk menguatkan persendian 

Kurang Nutrisi

Seperti dilansir dari laman lifestyle.kompas.com, kurangnya asupan mineral berupa kalium, magnesium, kalsium, dan mineral lain dalam darah dapat menjadi faktor mengapa masalah kram ketika tidur terus menerus kambuh.

Otot yang Tegang

Menghabiskan seharian dengan terlalu lama berdiri atau duduk juga dapat menyebabkan otot tegang dan sirkulasi kurang lancar, yang berujung kram saat tidur. Karenanya lakukan gerakan-gerakan ringan saat kondisi dimana Anda diharuskan berdiri atau duduk dengan waktu lama. Saat berdiri ganti tumpuan kaki secara bergantian, dan jangan lupa tetap gerak-gerakkan kaki saat duduk.

Baca Juga: Betis tiba-tiba Kram Pada Waktu Tidur Ini Penyebabnya

Kram saat tidur memang hal yang wajar dan tidak berbahaya. Saat kram melanda, segera lakukan pelemasan otot, merendam kaki dalam air hangat, dan juga minum vitamin neurotropik yang mengandung vitamin B1, B6, dan B12 yang baik untuk menjaga kesehatan saraf sekaligus mengatasi kram dan kesemutan. 

Baca Juga: Ragam Jamu Tradisional untuk Mengobati Pegal Linu dan Nyeri Otot

SHARE ON :