blog 1

ARTIKEL

Saat aktivitas yang kita lakukan terlalu berat, tak heran jika muncul keluhan pegal linu di bagian lengan yang cukup mengganggu. berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Lengan Pegal Linu dan Cara Mengatasinya

Tangan terutama bagian lengan, baik lengan bagian atas maupun bawah merupakan organ tubuh yang banyak dilibatkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Saat aktivitas yang kita lakukan terlalu berat, tak heran jika muncul keluhan pegal linu di bagian lengan yang cukup mengganggu.

Penyebab lengan pegal linu

Mengutip dari Hellosehat.com, berikut ini beberapa penyebab lengan pegal linu yang Anda alami selama ini.

1. Cedera

Coba ingat-ingat lagi, apakah sebelumnya Anda pernah mengalami cedera baik karena terjatuh, terbentur keras, atau terjepit yang cukup parah? Jika iya, maka hal inilah yang menyebabkan ligamen dan tendon yang berada di lengan mengalami kerusakan dan membuat lengan selalu terasa pegal linu, bahkan biasanya juga menyebar ke pergelangan tangan.

2. Olahraga yang berlebihan

Penyebab selanjutnya adalah olahraga yang banyak melibatkan gerakan tangan dan memberikan tekanan yang sangat berat pada otot di lengan, seperti tenis, angkat beban, berenang, atau basket. Kondisi ini bisa membuat otot menegang dan akhirnya timbul rasa sakit setelah olahraga.

3. Penggunaan gadget yang berlebihan

Penggunaan gadget seperti handphone dan komputer yang berlebihan juga dapat memicu kekakuan otot di bagian lengan. Kondisi ini dikenal dengan cedera regangan berulang dan sering ditemukan pada karyawan kantoran yang menggunakan komputer setiap hari.

4. Arthritis

Mengalami radang sendi atau arthritis, seperti rematik atau osteoarthritis yang sering terjadi di bagian pergelangan tangan atau siku yang akhirnya menyebabkan rasa sakit di lengan.

5. Postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang terlalu membungkuk juga turut memengaruhi kondisi kesehatan lengan Anda. Sebab, saat bahu berada pada posisi melengkung ke depan ini bisa menekan saraf di bagian lengan, sehingga memicu keluhan pegal linu yang mengganggu.

                              

Setelah mengetahui penyebab lengan pegal linu di atas, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

  1. Mengurangi aktivitas yang banyak melibatkan tangan, sehingga proses pemulihan tendon, ligament, otot, tulang, serta saraf dapat berjalan lebih cepat.
  2. Mengompres bagian lengan yang pegal linu dengan kompres dingin selama 10 menit untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit. Setelah sudah tidak terjadi lagi pembengkakan atau radang, Anda bisa melanjutkannya dengan kompres hangat agar otot lebih rileks.
  3. Minum obat yang mengandung ibuprofen maupun paracetamol untuk mengurangi rasa nyeri dan mencegah peradangan di bagian lengan.
  4. Jika keluhan terus berlanjut, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

SHARE ON :