blog 1

ARTIKEL

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum tangan kebas dan kesemutan serta kapan sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memeriksakannya ke dokter.

Tangan Sering Kebas dan Kesemutan Haruskah Memeriksakannya ke Dokter

Kebas dan kesemutan pada tangan bisa menjadi pengalaman yang umum, tetapi terkadang dapat menjadi tanda adanya masalah pada sistem saraf. Jika tangan Anda sering mengalami kebas dan kesemutan maka mungkin Anda juga sering bertanya-tanya apakah kondisi ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum tangan kebas dan kesemutan serta kapan sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memeriksakannya ke dokter.

 

Carpal tunnel syndrome

Salah satu penyebab utama tangan kebas dan kesemutan adalah Carpal tunnel syndrome. Ini terjadi ketika saraf median di pergelangan tangan tertekan atau terjepit. Gejala lainnya meliputi nyeri dan kelemahan di tangan. Kondisi ini mungkin terjadi karena kegiatan yang melibatkan penguluran tangan dalam waktu yang lama, misalnya, saat membaca buku atau menggunakan ponsel.

 

Penyakit Saraf

Beberapa penyakit saraf seperti neuropati perifer juga dapat menyebabkan tangan kebas dan kesemutan. Selain itu, penyakit diabetes yang disebabnya kandungan gula darah yang tinggi juga dapat merusak saraf, sehingga kemudian menyebabkan sensasi kesemutan dan kebas.

 

Gangguan pada Tulang Belakang dan Saraf Leher

Tekanan pada saraf di daerah leher atau tulang belakang dapat memberikan efek kesemutan dan kebas pada tangan

 

Gangguan Sirkulasi Darah

Kondisi yang mempengaruhi sirkulasi darah, seperti penyumbatan pembuluh darah atau penyakit arteri perifer, dapat menyebabkan tangan terasa kebas dan kesemutan.

 

Kondisi Kesehatan Mental

Beberapa kondisi kesehatan mental, seperti kecemasan, juga dapat menyebabkan sensasi kesemutan atau kebas pada tangan.

 

Kapan Harus Memeriksakan ke Dokter?

Meskipun kebas dan kesemutan pada tangan seringkali bersifat sementara, ada beberapa situasi di mana sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter, apabila:

  • Gejala Berkepanjangan: Jika gejala kebas dan kesemutan berlangsung terus-menerus dan tidak membaik, ini bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius.
  • Nyeri yang Tidak Kunjung Hilang: Jika nyeri yang disertai dengan kebas dan kesemutan tidak mereda dengan pengubahan posisi atau perubahan aktivitas, segera cari bantuan medis.
  • Kelemahan atau Kesulitan Menggerakkan Tangan: Jika tangan Anda mengalami kelemahan yang signifikan atau kesulitan dalam menggerakkan jari-jari, segera berkonsultasi dengan dokter.
  • Kondisi Kesehatan yang Mempengaruhi Saraf: Jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti diabetes atau penyakit saraf lainnya, segera konsultasikan dengan dokter.

 

Tangan yang sering kebas dan kesemutan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi sementara hingga masalah saraf yang lebih serius. Jika kram, kebas, kesemutan semakin mengganggu ada baiknya jika Anda mengonsumsi pereda nyeri yang mengandung Ibuprofen serta Vitamin B1, B6 dan B12 untuk menjaga kesehatan syaraf. Lanjutkan dengan memeriksakan ke dokter untuk menentukan penyebabnya dan merencanakan langkah-langkah pengobatan yang sesuai.

SHARE ON :