4 Olahraga Ringan untuk Kesehatan Otot dan Sendi selama Ramadan

4 Olahraga Ringan untuk Kesehatan Otot dan Sendi selama Ramadan

29-April-2020
Share

Jelang bulan suci Ramadan, hampir sebagian besar masyarakat mulai bersiap untuk menyambutnya dengan penuh suka cita meski #dirumahaja. Namun, walaupun harus melakukan social dan physical distancing, kita harus tetap beraktivitas dengan maksimal sambil berpuasa, terutama berolahraga demi menjaga kesehatan otot dan sendi. Tak perlu olahraga yang terlalu berat, berikut ini beberapa rekomendasi olahraga ringan yang bisa Anda lakukan #dirumahaja selama Ramadan berlangsung.

Jalan Kaki Keliling Komplek

Olahraga ringan pertama yang bisa Anda lakukan adalah berjalan kaki mengelilingi taman atau komplek perumahan. Tujuannya adalah untuk melatih kekuatan otot kaki dan lutut. Aktivitas satu ini bisa dibilang sangatlah sederhana dan bisa dilakukan di mana saja, selain itu berjalan kaki juga tidak memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan, sehingga aman untuk persendian.

Bersepeda

Aktivitas selanjutnya adalah bersepeda untuk melatih kekuatan otot jantung, mencegah diabetes, dan juga mencegah penyakit kardiovaskular lainnya. Tak hanya itu, dengan bersepeda juga bisa membantu mengontrol berat badan untuk mencegah obesitas yang nantinya dikhawatirkan bisa memicu timbulnya masalah pada sendi lutut akibat harus menopang berat tubuh yang berlebihan.

Gerakan Peregangan

Anda juga bisa menjaga kesehatan otot dan sendi selama Ramadan dengan melakukan gerakan peregangan secara rutin, bahkan di sela aktivitas selama bulan Ramadan. Beberapa gerakannya misalnya:

  • Mengangkat kedua tangan ke atas, kemudian mengaitkan jari di kedua tangan dan menariknya dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tahan posisi ini selama 15 detik dan rasakan otot lengan dan bahu yang tertarik. Lakukan gerakan ini selama beberapa kali untuk meregangkan otot pundak, terutama setelah beraktivitas.
  • Gerakan selanjutnya adalah dengan membungkuk sambil mengaitkan kedua tangan dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Tarik kedua tangan ke bawah (usahakan menyentuh lantai) dengan kedua kaki tetap lurus. Tahan posisi ini selama 15 detik dan rasakan otot lengan dan bahu yang tertarik. Lakukan gerakan ini selama beberapa kali untuk meregangkan punggung, lutut, dan otot paha.

Latihan Beban Ringan

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan otot dan sendi adalah dengan melakukan latihan beban ringan, yaitu menjadikan beban tubuh sebagai bebannya misalnya dengan melakukan gerakan push up dan sit up. Tujuannya adalah untuk mencegah keseleo dan otot yang tegang serta membantu proses penyembuhan dengan memperkuat otot-otot sendi di sekitar area yang cidera.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk berolahraga selama Ramadan?

Waktu terbaik untuk berolahraga selama bulan puasa adalah setelah sahur dan menjelang buka puasa. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas di atas selama minimal 15 menit dan maksimal 30 menit agar badan tetap sehat dan bertenaga selama berpuasa.

Agar olahraga selama Ramadan menjadi lebih aman dan nyaman, pastikan juga untuk selalu sedia krim pereda nyeri dan otot seperti NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat dan NEO rheumacyl Otot & Sendi HOT terutama pada bagian tengkuk dan pundak akibat terlalu lama duduk di depan komputer dan melakukan aktivitas berat lainnya. Kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) dan aroma yang lembut efek aroma terapi, NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat memberikan kehangatan dan relaksasi pada otot dan sendi.

Dapatkan segera NEO rheumacyl Otot & Sendi HOT dan NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat dengan cara membelinya secara online di E commerce kesayangan Anda seperti Lazada, blibli, Tokopedia, Shopee, JD, dan Gogobli agar masa karantina #dirumahaja menjadi lebih aman dan nyaman sekarang juga.

Source: Halodoc

Related Article

SARAF OTOT

Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki. Kesemutan biasanya terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk ...

Read More

SARAF OTOT

Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. ...

Read More

SARAF OTOT

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

Jari tangan yang terasakram,kebas, dam kesemutan seringkali muncul secara tiba-tiba dan menghilang begitu saja tanpa Anda ketahui penyebabnya. ...

Read More