Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

08-September-2020
Share

Seperti yang sudah kita ketahui, tidur merupakan kebutuhan bagi tubuh untuk dapat kembali berstamina sehingga bisa beraktivitas dengan baik keesokan harinya. Saat seseorang sudah memenuhi kebutuhan tidurnya setiap malam, seharusnya tubuh akan terasa nyaman dan rileks. Namun, ternyata tak jarang juga ada yang justru mengalami sakit punggung dan badan kaku setiap bangun tidur di pagi hari. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Salah Posisi Tidur

Penyebab utama dan seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang yang membuat punggung dan badan kaku setiap bangun tidur adalah posisi tidur yang salah, terutama posisi tengkurap. Tak hanya sakit punggung akibat tulang belakang yang bermasalah, posisi tengkurap juga bisa memicu timbulnya keluhan lain, seperti nyeri leher, nyeri punggung, hingga nyeri kepala saat bangun tidur. Untuk itu, usahakan untuk selalu tidur dalam posisi terlentang. Hal ini baik untuk kesehatan karena tulang punggung, leher, dan kepala berada dalam satu garis lurus, sehingga postur tubuh terjaga kelengkungan tulangnya.

Tekstur Kasur dan Posisi Bantal

Hal kedua yang biasanya juga menyebabkan badan pegal dan kaku saat bangun tidur adalah kasur yang terlalu empuk atau keras dan posisi bantal yang terlalu tinggi (bantal ditumpuk), kecuali ada kondisi medis tertentu. Kasur yang terlalu empuk atau keras tentunya akan mengganggu kelengkungan tulang belakang, sehingga rawan menyebabkan sakit punggung dan nyeri leher. Sama halnya dengan bantal yang terlalu tinggi akibat ditumpuk juga bisa membuat seseorang mengalami nyeri leher saat bangun tidur.

Aktivitas yang Berlebihan Sebelum Tidur

Meski olahraga adalah hal yang baik untuk kesehatan, namun jika dilakukan secara berlebihan di malam hari justru bisa memicu timbulnya sakit punggung dan badan kaku di keesokan harinya, apalagi jika Anda tidak memulainya dengan pemanasan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami kondisi dan postur tubuh saat berolahraga. Jika Anda memutuskan untuk berolahraga di malam hari, pastikan kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi beberapa jam sebelumnya. Awali olahraga dengan melakkukan pemanasan dan berhentilah ketika badan sudah mulai terasa lelah. Untuk menormalkan kondisi tubuh, akhiri aktivitas olahraga Anda dengan gerakan pendinginan untuk mengurangi risiko cidera dan juga badan kaku setelahnya.

Cara Bangun Tidur yang Salah

Meski terdengar sepele, ternyata sakit punggung dan badan kaku saat bangun tidur juga bisa disebabkan dari cara kita saat bangun tidur. Biasanya kebanyakan orang akan langsung mengambil posisi duduk dan memutar punggung ke kedua sisi dan menggunakan otot punggungnya untuk berdiri. Kebiasaan inilah yang membuat keluhan sakit punggung semakin parah jika dilakukan secara terus-menerus. Sebagai solusinya, cobalah untuk berguling ke samping dan mendorong tubuh menggunakan lengan untuk bangun dan menggunakan otot kaki untuk berdiri.

Selain dengan mengubah posisi tidur, memilih kasur serta bantal yang tepat, memerhatikan cara bangun tidur yang baik, dan melakukan pemanasan serta pendinginan saat berolahraga, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit punggung dan badan kaku saat bangun tidur adalah dengan minum obat seperti NEO rheumacyl Tablet yang sudah dipercaya sejak lama mampu untuk mengatasi nyeri otot, nyeri sendi, dan pegal linu. Dengan begini, Anda bisa melanjutkan aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman, deh.

Yuk, segera lengkapi persediaan obat di rumah dengan membeli NEO rheumacyl Tablet secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli & Lazada sekarang juga.

Source: Klikdokter

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Gerakan Olahraga yang Aman untuk Redakan Sakit Pundak dan Leher

Sering merasakan sakit pundak dan leher saat bekerja atau setelah melakukan aktivitas berat? Meski keluhan ini adalah hal yang wajar ...

Read More