blog 1

ARTIKEL

Anda dapat mengubah beberapa kebiasaan tidur dan gaya hidup Anda untuk membantu mencegah bangun dengan nyeri tubuh. Yuk, perhatikan kebiasaan tidur Anda!

Nyeri Otot Sering Terasa Saat Bangun Tidur? Kebiasaan di Malam Hari Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Idealnya, kita terbangun di pagi hari dengan kondisi tubuh yang lebih segar setelah beristirahat semalaman. Namun pada sebagian orang, nyeri otot justru sering terasa saat bangun tidur. Kebiasaan yang Anda lakukan di malam hari, baik menjelang jam tidur ataupun saat tidur, bisa menjadi pemicu nyeri otot yang Anda rasakan. Untungnya, Anda dapat mengubah beberapa kebiasaan tidur dan gaya hidup Anda untuk membantu mencegah bangun dengan nyeri tubuh. Yuk, perhatikan kebiasaan tidur Anda!

 

Terlalu banyak makan menjelang tidur

Tubuh manusia membutuhkan waktu paling sedikit 40 – 120  menit untuk mencerna makanan, bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi.  Dalam kondisi perut yang kenyang, asam lambung bisa menjalar ke kerongkongan. Posisi berbaring akan memperburuk kondisi ini karena tidak ada gravitasi untuk membantu menjaga asam lambung tetap di tempatnya. Jika tidak, Anda akan mengalami gangguan pencernaan dan mulas, yang dapat mengganggu tidur. Cobalah makan malam 2 hingga 3 jam sebelum tidur agar makanan bisa dicerna dengan baik.

 

Berolahraga sebelum tidur

Tidak ada larangan untuk berolahraga di malam hari, terutama jika Anda memang hanya memiliki waktu berolahraga di jam tersebut. Namun, Anda tetap perlu memberi jarak waktu antara berolahraga dengan waktu tidur Anda. Selain itu hindari melakukan olahraga berat karena justru akan membuat Anda sulit tidur.

Olahraga yang intens meningkatkan suhu tubuh Anda, memicu pelepasan endorfin, dan meningkatkan kadar kortisol. Namun, agar bisa tidur nyenyak, suhu tubuh Anda harus turun dulu. Endorfin yang meningkat juga akan membuat Anda lebih sulit untuk bersantai dan tertidur. Sebaiknya beri jeda waktu berolahraga setidaknya 1-2 jam sebelum anda tidur dan pilih jenis olahrata yang tidak terlalu intens seperti yoga atau stretching.

 

Tidak ‘mematuhi’ jam tidur

Anda mungkin tergoda untuk tidur satu atau dua jam lebih malam dengan alasan ingin bersantai nonton series favorit atau lebih banyak menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Tetapi kebiasaan tidur larut malam dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Orang yang begadang tidak hanya kurang tidur, tetapi juga berpotensi lebih besar memiliki kebiasaan makan yang buruk, berisiko terkena penyakit diabetes tipe 2 maupun penyakit jantung. Mulai sekarang, patuhilah jam tidur yang sudah Anda tetapkan dan hentikan kebiasaan begadang. Selain itu, cobalah bangun tidur di jam yang sama setiap hari. Hal ini akan membantu Anda memiliki rutinitas tidur yang lebih baik.

 

Tidak bisa lepas dari gadget

Smartphone memang sudah menjadi bagian hidup dari kita semua. Namun apabila Anda tidak bisa melepaskan smartphone menjelang waktu tidur, maka hal ini akan menjadi masalah. Saat melihat layar smartphone, otak Anda akan terus bereaksi terhadap apa yang dilihatnya. Cahaya dari layar tersebut juga dapat berdampak negatif dengan membuat otak sulit melepaskan hormon pemicu tidur. Cobalah untuk meletakkan smartphone jauh dari tempat tidur dan bacalah buku jika Anda belum merasa ngantuk ketimbang melanjutkan scrolling media sosial.

 

Posisi tidur buruk

Posisi tidur Anda dapat menyebabkan tubuh Anda sakit saat bangun. Posisi tidur terbaik setiap orang juga berbeda. Secara umum, tidur menyamping cenderung menjadi posisi tidur terbaik, terutama untuk mereka yang memiliki gangguan pernapasan saat tidur. Namun sebagian orang tidur dengan posisi yang terus berubah dan mengakibatkan tubuh terasa pegal dan lelah saat bangun di pagi hari.

 

Memperbaiki kebiasaan Anda di malam hari terutama menjelang dan saat tidur akan memperbaiki kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh Anda kembali segar dan fit. Pegal dan nyeri otot di pagi hari juga dapat diminimalisir. Namun apabila nyeri otot masih terasa mengganggu, Anda bisa menggunakan NEO rheumacyl EUCALYPTUS CREAM Tube yang hangatnya pas, cepat meresap, dan memiliki aroma relaksasi sehingga dapat membuat tidur Anda lebih nyaman. NEO rheumacyl EUCALYPTUS CREAM Tube efektif untuk meredakan pegal-pegal, nyeri sendi, nyeri otot, hingga membantu meredakan gejala masuk angin, perut kembung, dan sakit kepala. Oleskan sebelum tidur atau sesaat setelah bangun tidur apabila masih terasa nyeri.

Baca juga: Kaki Terasa Ngilu dan Pegal Setelah Nyetir Mobil? Segera Atasi dengan Cara Ini

SHARE ON :