blog 1

ARTIKEL

Mengemudi dalam waktu yang panjang bisa membuat kaki Anda terasa ngilu dan pegal. Yuk, cari tahu lebih lanjut cara mengatasinya!

Kaki Terasa Ngilu dan Pegal Setelah Nyetir Mobil? Segera Atasi dengan Cara Ini

Kemacetan lalu lintas memang bisa menyebabkan stress, namun bukan hanya itu. Mengemudi mengarungi kemacetan, apalagi dalam waktu yang panjang bisa membuat kaki Anda terasa ngilu dan pegal. Yuk, cari tahu lebih lanjut cara mengatasinya!

Mengenal driver’s foot

Setelah perjalanan panjang atau kemacetan yang melelahkan, Anda mungkin mulai merasakan nyeri hingga kram pada tumit, mata kaki, jempol kaki, betis dan paha.  Gejala nyeri satu ini sering menyerang kaki kanan Anda, yang disebut kaki pengemudi (driver’s foot). Sebenarnya kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Perhatikan posisi saat mengemudi

Aturlah jarak antara tempat duduk agar sendi pergelangan kaki Anda tidak tertekan saat Anda menginjak pedal. Sebelum berkendara, pastikan Anda sudah mengatur posisi duduk dengan baik dan jarak kaki tidak terlalu dekat dengan pedal.

  • Gunakan sepatu yang tepat

Saat mengemudi, gunakanlah alas kaki yang nyaman, misalnya sepatu olahraga dengan banyak bantalan. Jika dalam keseharian Anda lebih sering menggunakan sepatu formal atau high heels pertimbangkan untuk memiliki sepasang sepatu olahraga khusus untuk digunakan selama Anda Mengemudi.  Letakkan sepatu ini di dalam mobil Anda sehingga mudah untuk berganti sepatu ketika akan mengemudi.

  • Mengatur alur mengemudi

Jika Anda merencanakan perjalanan darat yang panjang, pastikan untuk memasukkan titik-titik perhentian ke dalam rencana perjalanan Anda. Beristirahatlah secara teratur setiap beberapa jam. Tidak hanya sekedar menghentikan kendaraan, namun keluarlah dari mobil untuk melakukan peregangan ringan terutama pada bagian pergelangan kaki. Melepaskan sepatu sesekali juga dapat melancarkan peredaran darah Anda dan mengurangi pegal pada kaki.

  • Perawatan setelah mengemudi

Setelah Anda tiba di tempat tujuan, lepas sepatu Anda, gesekan kaki Anda ke lantai untuk melancarkan peredaran darah (bisa dilakukan sambil mencuci kaki). Jika kaki Anda benar-benar nyeri atau kram, tempelkan kompres es ke bagian kaki yang tegang dan topang kaki Anda untuk meredakan tekanan pada otot kaki. Oleskan juga gel anti radang yang mengandung ibuprofen untuk bantu meredakan nyeri dan pegal setelah mengemudi yang praktis digunakan kapan saja.

Baca juga: Tangan Sering Kebas dan Kesemutan Pertanda Ada Kerusakan Saraf, Mitos atau Fakta?

SHARE ON :