blog 1

ARTIKEL

Saat ini, banyak orang memilih olahraga bersepeda sebagai kegiatan yang wajib mereka lakukan saat memiliki waktu luang. Pasalnya, tak hanya sedang menjadi tren yang menarik untuk diikuti, bersepeda juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Tips Mengikuti Tren Olahraga Sepeda Tanpa Nyeri Otot

Saat ini, banyak orang memilih olahraga bersepeda sebagai kegiatan yang wajib mereka lakukan saat memiliki waktu luang. Pasalnya, tak hanya sedang menjadi tren yang menarik untuk diikuti, bersepeda juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Nah, agar Anda tetap bisa mengikuti tren olahraga sepeda tanpa nyeri otot terutama di bagian kaki, pinggang, dan punggung, simak beberapa tipsnya berikut ini.

Memastikan Sepeda dalam Kondisi Baik

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar dapat bersepeda tanpa nyeri otot tentunya adalah dengan selalu memastikan sepeda dalam kondisi baik. Caranya adalah dengan melakukan perawatan rutin, terutama sebelum gowes dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada sepeda agar tetap optimal saat digunakan.

  • Pemberian pelumas secara berkala di beberapa bagian agar sepeda bisa lebih awet, nyaman, dan aman, misalnya pada bagian gear, rantai, bearing roda, axle pedal, dan axle fork.
  • Menjaga tekanan udara pada ban sepeda agar tetap seimbang. Jika tekanan dibiarkan terlalu rendah, maka bisa membuat laju sepeda semakin berat dan meningkatkan risiko kebocoran udara dari dalam ban. Sebaliknya, jika tekanan udaranya terlalu tinggi juga bisa membuat sepeda kurang nyaman untuk dikendarai, terutama di jalanan yang kurang rata atau bergelombang.
  • Memeriksa kabel rem, shifter, cakram, dan membersihkan caliper, terutama bagi Anda yang gemar bersepeda jarak jauh.

Jangan lupa juga untuk mencuci sepeda secara rutin, tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri saat bersepeda dan membuat momen bersepeda menjadi lebih nyaman. Selain dengan melakukan beberapa cara di atas seorang diri di rumah, Anda juga bisa merawat sepeda dengan cara membawanya ke bengkel sepeda yang terpercaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Perlengkapan yang Aman dan Nyaman

Langkah selanjutnya adalah bersepeda menggunakan pakaian yang nyaman, mudah menyerap keringat, dan tidak membatasi pergerakan selama mengayuh sepeda. Lengkapi juga dengan perlengkapan lain seperti helm, pelindung lutut, sepatu, dan kacamata untuk mengurangi risiko di jalanan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Sebelum Gowes

Sebelum gowes, pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup melalui makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan gerakan pemanasan yang bertujuan untuk melatih kekuatan otot tubuh, terutama bagian kaki, tangan, lengan, dan punggung agar tidak terjadi cidera di jalan.

Memenuhi Kebutuhan Air Minum dan Istirahat

Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan air minum yang cukup saat perjalanan bersepeda dengan cara menyimpannya di dalam botol khusus yang bisa dipasangan di rangka sepeda. Pasalnya, kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi bisa menyebabkan nyeri otot. Usahakan untuk menghindari kebiasaan begadang jika Anda berencana untuk bersepeda jarak jauh bersama teman. Penuhi kebutuhan tidur selama enam hingga delapan jam setiap malamnya agar tubuh tetap segar, berstamina, tetap fokus, dan tentunya mencegah terjadinya nyeri otot saat beraktivitas.

Mempersiapkan Obat-obatan

Antisipasi juga nyeri otot saat bersepeda dengan menyediakan obat-obatan pereda nyeri seperti NEO rheumacyl Tablet yang bisa Anda bawa saat bersepeda. Kandungan Ibuprofen dan Paracetamol di dalamnya mampu membantu meredakan nyeri otot dan sendi pada tempurung kaki, sehingga Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan dengan lebih nyaman.

Yuk, jadikan NEO rheumacyl Tablet sebagai salah satu pertolongan pertama nyeri otot dan teman bersepeda agar lebih aman, nyaman, dan menyenangkan dengan cara membelinya secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli & Lazada. Kunjungi juga official account Instagram, Facebook, dan Youtube NEO rheumacyl sekarang juga. Jangan lupa juga untuk selalu patuhi protokol kesehatan dan menaati rambu lalulintas, ya!

Source: halodoc

SHARE ON :