blog 1

ARTIKEL

Kesemutan sering menghambat aktivitas? Jangan Diabaikan, Ini Cara Menghilangkan Kesemutan Agar Aktivitas Tetap Nyaman

Jangan Diabaikan, Ini Cara Menghilangkan Kesemutan Agar Aktivitas Tetap Nyaman

Aktif bergerak merupakan cara menghilangkan kesemutan yang paling mudah untuk kita lakukan agar tubuh kembali nyaman untuk beraktivitas. Namun, ternyata tak cukup sampai sini saja, yuk buat aktivitas menjadi lebih nyaman dan terbebas dari kesemutan dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

Mengubah Posisi Duduk

Cara menghilangkan kesemutan yang bisa Anda lakukan pertama kali saat keluhan mulai terasa adalah dengan mengubah posisi duduk dan hindari untuk melakukan posisi bersila atau bersimpuh dalam waktu yang lama. Pasalnya, kedua posisi inilah yang seringkali membuat saraf di kaki tertekan dan menimbulkan kesemutan.

Rajin Melakukan Gerakan Peregangan di Sela Aktivitas

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan peregangan di sela aktivitas, misalnya dengan mengaitkan tangan dan menariknya ke atas, samping kanan, kiri, dan ke bawah untuk beberapa saat. Dengan begini, otot tidak tegang. Jika pekerjaan sehari-hari menuntut Anda untuk menggunakan komputer atau gadget dalam waktu yang lama, cobalah lakukan senam jari tangan, tujuannya adalah untuk melemaskan otot tangan agar tidak terasa kebas dan berujung kesemutan.

Baca Juga: Wajib Dicoba, Ini 5 Gerakan Ringan untuk Atasi Sakit Pundak dan Leher

Memenuhi Kebutuhan Vitamin Neurotropik

Kram dan kesemutan terjadi tak hanya karena posisi duduk atau kurangnya aktivitas tubuh, tetapi juga akibat kekurangan vitamin neurotropik yang mendukung kinerja saraf tubuh kita, seperti:

  • Vitamin B1 (tiamin) yang berperan menyediakan energi bagi sistem saraf.
  • Vitamin B6 (piridoksin) yang berperan dalam menjaga perkembangan otak, menjaga kesehatan sistem saraf dan imun manusia.
  • Vitamin B12 (kobalamin) dibutuhkan untuk produksi myelin, yaitu selubung yang berfungsi untuk melindungi saraf kita.

Oleh karena itu, pastikan asupan makanan Anda sehari-hari memiliki kandungan vitamin neurotropik (vitamin B dan turunannya), ya. Beberapa makanannya adalah ikan, daging, kacang-kacangan, kuning telur, dan sayuran hijau. Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi setiap harinya, terutama saat memulai aktivitas di pagi hari, ya.

Selain makanan, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin neurotropik dari suplemen tambahan yang mengandung analgesic (ibuprofen) sebagai pereda nyeri yang biasanya juga menyertai kram dan kesemutan. Namun jika keluhan berlanjut, segera konsultasikan langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Apa Penyebab Tangan Sering Kram dan Kesemutan, Ya?

SHARE ON :