blog 1

ARTIKEL

Tahukah Anda apa penyebab tangan sering kram dan kesemutan yang pernah dialami selama ini? Waspada jika mengalami gejala kesemutan yang terjadi secara berulang dan tiba-tiba.

Apa Penyebab Tangan Sering Kram dan Kesemutan, Ya?

Tahukah Anda apa penyebab tangan sering kram dan kesemutan yang pernah dialami selama ini? Dalam dunia medis dan kedokteran, kesemutan atau yang dikenal dengan sebutan paresthesia adalah kondisi di mana seseorang mengalami sensasi rasa panas atau dingin, menggelitik, dan tertusuk secara bersamaan di beberapa bagian tubuh yang terjadi akibat adanya iritasi pada serabut saraf manusia. 

Umumnya, peristiwa ini merupakan gejala gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsangan listrik dalam sistem tidak tersalurkan dengan baik karena berbagai alasan, salah satunya karena aliran darah yang kurang lancar akibat tertutupnya jalan darah, misalnya saat kita menekuk bagian tubuh terlalu lama.

Kram dan Kesemutan, Berbahaya atau Tidak?

Beberapa aktivitas tubuh yang menyebabkan kesemutan diantaranya saat menekuk tangan terlalu lama, jongkok, menaruh dan menindih tangan di bawah bantal, atau saat menyilangkan kaki dalam waktu yang lama. Namun tak perlu khawatir, biasanya kesemutan hanya akan berlangsung dalam waktu kurang dari lima menit dan tubuh kembali normal.

Meski kesemutan adalah hal yang wajar dan bersifat sementara, namun perlu diwaspadai jika Anda mengalaminya dalam waktu yang cukup lama dan disertai gejala lain, seperti tubuh terasa kebas dan lemas, gangguan buang air besar, bicara mulai tidak jelas, hingga mati rasa di beberapa bagian tubuh. Beberapa gejala penyerta ini bisa menjadi pertanda bahwa ada kerusakan saraf yang serius, seperti neuropati perifer yang biasanya terjadi di bagian tangan dan kaki.

Baca Juga: Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Apa Penyebab Tangan Sering Kram dan Kesemutan?

Neuropati perifer biasanya muncul karena beberapa hal berikut ini.

  1. Adanya cidera traumatis atau cidera stres yang berulang
  2. Infeksi bakteri dan virus
  3. Penyakit serius seperti diabetes
  4. Mengetik atau bermain gadget dalam waktu yang lama 
  5. Kurangnya asupan air minum dapat menyebabkan dehidrasi dapat memicu kram otot. Sebab saat tubuh kekurangan cairan, sel-sel tubuh tidak dapat berkoordinasi dengan baik sehingga menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit yang mengatur kontraksi otot. Akhirnya, kontraksi saraf otot menjadi tidak sinkron dan menyebabkan kram otot, termasuk pada tangan.

Baca Juga: Bukan Ditepuk-tepuk, Ini Cara Mengatasi Kesemutan di Tangan dan Kaki

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu memeriksakan kondisi tubuh secara berkala pada dokter, terutama saat mulai mengalami gejala kesemutan yang terjadi secara berulang dan tiba-tiba.

Bagaimana cara mengatasinya?

Langkah awal yang tentunya harus Anda lakukan adalah dengan mengonsultasikan kondisi pada dokter atau ahli saraf untuk mendapatkan tindakan pengobatan lebih lanjut terhadap fungsi motorik dan sensorik tubuh. Selanjutnya, dokter akan memeriksa riwayat kesehatan untuk mengamati dan mencari tahu kemungkinan penyebab dari kesemutan yang dialami.

Namun, Anda juga bisa melakukan tindakan pencegahan di rumah dengan cara:

  • Menghindari faktor penyebab terjadinya kram dan kesemutan
  • Mengubah pola hidup dengan berolahraga secara rutin
  • Menghindari alkohol
  • Tidak bermain gadget terlalu lama
  • Melakukan gerakan peregangan di sela pekerjaan

Penuhi juga kebutuhan vitamin B1, B6, dan B12 yang baik untuk menjaga kesehatan saraf sekaligus mengatasi kram dan kesemutan dengan mengonsumsi vitamin neurotropik, ya!

Baca Juga: Seringkali Kram Saat Tidur, Berbahayakah?

SHARE ON :