Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

16-November-2020
Share

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. Itu sebabnya Anda perlu memperhatikan seberapa sering Anda mengalami kram, kebas, dan kesemutan. Sebab, bisa jadi kesemutan yang terkesan sepele, ternyata adalah indikasi dari penyakit lain yang lebih berat! Berikut ini adalah beberapa kemungkinannya.

Malnutrisi

Malnutrisi adalah kondisi ketika terjadi ketidakseimbangan, entah itu kekurangan atau kelebihan, nutrisi di dalam tubuh seseorang. Kondisi ini dapat menyerang siapa saja pada rentang usia berapapun. Terkait dengan kram, kebas, dan kesemutan, ada kemungkinan bahwa gejala ini terjadi akibat Anda kekurangan vitamin serta mineral penting khususnya vitamin B1, B6, dan B12 yang berkontribusi terhadap fungsi sistem saraf.

Diabetes

Penyakit diabetes dapat merusak pembuluh darah kecil yang memasok saraf di jari tangan dan kaki, hal ini dapat menyebabkan kesemutan, nyeri atau mati rasa di tangan dan kaki (neuropati perifer).

Saraf Kejepit

Dikenal juga dalam dunia medis sebagai pinched nerve, sebuah kondisi dimana saraf tertekan oleh bagian sekitarnya. Ketika Anda mengalami kondisi saraf terjepit, tubuh Anda akan mengalami rasa nyeri, kram, kebas, atau kesemutan yang bila dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan syaraf secara permanen.

Stroke

Kesemutan adalah salah satu gejala klinis dari stroke ringan. Meski hanya terjadi selama beberapa menit dan tidak meyebabkan kerusakan, namun ini adalah sinyal agar Anda waspada dan melakukan pencegahan agar stroke ringan tidak berkembang menjadi stroke.

Tetanus

Infeksi seperti tetanus bisa menyebabkan otot terasa kaku dan kram akibat adanya infeksi kuman. Dilansir dari alodokter, kuman atau bakteri tetanus masuk ke dalam tubuh melalui luka pada kulit, dan akan mengeluarkan racun untuk menyerang saraf. Bakteri ini bernama Clostridium tetani, yang banyak ditemukan pada tanah, debu, atau kotoran hewan. Tetanus harus segera diobati karena jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian.

Untuk pertolongan pertama ketika mengalami kram, kebas, dan kesemutan bisa disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B1, B6 dan B12.  NEO rheumacyl NEURO memiliki kandungan tersebut selain itu juga ditambah dengan kandungan ibuprofen yang bermanfaat untuk meredakan nyeri yang menyertai pada kondisi kram, kebas dan kesemutan. Jika dalam 5 hari pemakaian, kondisi tidak membaik maka dianjutkan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Dapatkan produknya di Tempo Store Official melalui e-commerce kesayangan seperti ShopeeTokopediaBlibli & Lazada sekarang juga!

Sebagian sumber: alodokter

Related Article

SARAF OTOT

Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki. Kesemutan biasanya terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk ...

Read More

SARAF OTOT

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

Jari tangan yang terasakram,kebas, dam kesemutan seringkali muncul secara tiba-tiba dan menghilang begitu saja tanpa Anda ketahui penyebabnya. ...

Read More

SARAF OTOT

Mengenal Carpal Tunel Syndrom, Penyakit yang Ditandai dengan Nyeri, Kebas, dan Kesemutan Pada Jari Tangan

Pernah atau bahkan sering mengalami nyeri, kebas, dan kesemutan di sekitar pergelangan tangan hingga jari-jari tangan. Hati-hati, bisa jadi itu ...

Read More