Cegah Pegal Linu, Ini Barang Penting yang Wajib Ada Saat Olahraga Lari

Cegah Pegal Linu, Ini Barang Penting yang Wajib Ada Saat Olahraga Lari

08-December-2020
Share

Lari pagi atau jogging menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari masyarakat. Pasalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar dan jenis olahraga ini juga bisa dilakukan di mana saja. Namun, meski terlihat sangat mudah dilakukan, olahraga yang satu ini juga bisa menimbulkan pegal linu di beberapa bagian tubuh jika tidak dilakukan dengan benar. Untuk itu, simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan berikut ini untuk mencegah pegal linu akibat olahraga lari.

Memilih Sepatu dan Kaos Kaki yang Nyaman

Selain kurangnya pemanasan, salah memilih sepatu lari dan kaos kaki yang nyaman juga seringkali menjadi penyebab seseorang mengalami pegal linu dan nyeri otot saat melakukan olahraga lari. Tak melulu melihat tampilannya yang menarik, simak beberapa tips memilih sepatu lari yang bisa Anda lakukan berikut ini.

  • Pastikan bahwa Anda memilih sepatu yang masuk dalam rak kategori “running” saat berkunjung ke toko. Sesuaikan pula dengan jalur lari yang Anda pilih, mulai dari road-running shoes untuk berlari di atas permukaan yang keras (jalan raya, trek lari taman kota, trotoar), atau trail-running shoes jika Anda berniat untuk olahraga lari naik turun perbukitan dengan jalur yang ekstrem, penuh bebatuan, lumpur, atau akar pepohonan. Hal ini dikarenakan setiap kategori diciptakan dengan teknologi dan bahan yang berbeda untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan saat berlari.
  • Memilih sepatu lari saat sore atau malam hari, hal ini dikarenakan kaki sedang berada dalam bentuk terlebarnya. Pastikan juga untuk mencoba sepatu lari untuk mengetahui apakah sesuai dan nyaman untuk telapak kaki Anda atau tidak. Sebaiknya pilih ukuran sepatu yang sedikit lebih besar (setidaknya ada jarak satu sentimeter dari ujung jari kaki).
  • Memilih sepatu dengan bantalan yang empuk dan memungkinkan adanya ventilasi untuk penyerapan, sehingga tidak akan membuat kaki terasa sakit saat harus lari terutama saat lari jarak jauh.
  • Anda juga bisa menanyakan lebih detail pada petugas toko mengenai sepatu apa yang paling tepat untuk jenis kaki dan jenis lari yang akan Anda pilih nantinya.

Deker Pelindung Lutut

Barang kedua yang bisa Anda bawa dan pakai saat berlari adalah deker pelindung lutut. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan pelindung ini antara lain:

  • Meminimalisir risiko cedera pada bagian lutut
  • Memberikan rasa nyaman saat berlari, hal ini dikarenakan deker mampu mengurangi tekanan pada lutut, sehingga Anda tidak mudah merasa pegal linu baik saat maupun setelah berlari
  • Menjaga kesehatan lutut dan membantu proses pemulihan setelah mengalami cedera pada lutut

Lalu, bagaimana cara mengatasi pegal linu setelah olahraga lari?

Rasa pegal linu yang muncul setelah berlari, terutama di bagian pinggang, kaki, dan lutut biasanya terjadi akibat adanya aktivitas berlebihan yang melibatkan tempurung lutut dan kaki. Untuk mencegah hal ini terjadi, simak beberapa hal yang bisa Anda lakukan berikut ini.

  • Membatasi olahraga lari setiap minggunya
  • Diselingi dengan latihan otot tubuh lainnya, seperti strength training dan juga latihan otot perut
  • Melakukan pemanasan dan pendinginan untuk menghindari lutut tegang dan mengurangi rasa sakit
  • Memenuhi kebutuhan air mineral setiap harinya
  • Membawa obat pereda pegal linu seperti NEO rheumacyl Oralinu saat berolahraga untuk mengatasi sakit pinggang dan pegal linu yang muncul akibat kelelahan berolahraga.

Kandungan bahan alami di dalam NEO rheumacyl Oralinu seperti kunyit, jahe, ginseng, dan beberapa bahan lainnya juga sangat cocok untuk menjaga kondisi tubuh dari kecapekan saat berolahraga. Tak hanya itu saja, kemasan sachetnya juga sangat praktis, sehingga bisa Anda simpan dalam waist bag yang biasa Anda bawa saat berlari. Oh iya, Anda juga bisa mengonsumsinya setiap hari untuk mencegah pegal linu akibat olahraga atau aktivitas yang biasa Anda lakukan setiap harinya, lho.

Selain bisa membelinya secara langsung di warung atau Alfamart terdekat, Anda juga bisa membeli persediaan NEO rheumacyl Oralinu di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, JDID dan Gogobli. Dengan begini, Anda bisa berolahraga dengan lebih nyaman, deh.

Source: Kompas.com, SehatQ.com

Related Article

OTOT

Sering Merasa Badan Pegal Bagian Belakang Saat WFH? Ini Penjelasannya!

aat WFH, hampir bisa dipastikan kalau sebagian orang akan merasakan badan pegal bagian belakang, mulai dari leher hingga tulang ekor. ...

Read More

OTOT

Badan Pegal Ketika Bangun Tidur? Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Alih-alih merasa segar dan kembali bersemangat, namun yang Anda rasakan justru badan pegal ketika bangun tidur? Keluhan ini biasanya terjadi ...

Read More

OTOT

Mengenal DOMS, Sensasi Badan Pegal Setelah Workout. Pernah Mengalaminya?

Sering mengalami sensasi badan pegal setelah workout? Rasa nyeri dan pegal di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga ini dikenal ...

Read More