blog 1

ARTIKEL

Cara mengatasi kesemutan agar cepat hilang dan Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman, yuk coba lakukan beberapa cara berikut ini.

Bukan Ditepuk-tepuk, Ini Cara Mengatasi Kesemutan di Tangan dan Kaki

Cara mengatasi kesemutan, baik di kaki maupun tangan yang seringkali kita lakukan secara spontan adalah dengan menepuk-nepuknya. Namun, tahukah Anda bahwa cara yang satu ini bisa dibilang masih kurang tepat? Agar kesemutan cepat hilang dan Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman, yuk coba lakukan beberapa cara berikut ini.

Mengistirahatkan Tubuh dengan Cukup

Tidur adalah proses penting untuk membantu penyembuhan saraf maupun otot yang tegang, karena tubuh akan melakukan perbaikan alami saat Anda tidur. Pada kebanyakan kasus, mengistirahatkan tangan dan kaki yang kesemutan serta menambah jam tidur, dapat membantu meredakan kondisi ini dengan sendirinya. Oleh karena itu, usahakan agar mencukupi kebutuhan waktu tidur selama enam hingga delapan jam setiap malamnya, ya.

Terapi fisik

Cara mengatasi kesemutan selanjutnya adalah dengan melakukan terapi fisik untuk membantu menambah kekuatan otot yang mengelilingi saraf yang rusak. Semakin kuat otot tubuh, maka tekanan pada saraf akan semakin berkurang. Dengan begini, kesemutan akan segera mereda. Untuk bagian tangan, Anda bisa berlatih angkat beban dengan menggunakan air mineral kemasan besar untuk memperkuat otot lengan. Sedangkan untuk melatih saraf dan otot bagian telapak tangan, Anda bisa meremas stress ball. Sederhana!

Baca Juga: Terapi Unik Untuk Redakan Pegal

Kompres dingin atau hangat

Salah satu penyebab seseorang mengalami kesemutan adalah adanya peradangan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres tangan yang kram, kebas, dan kesemutan dengan kompres dingin maupun hangat secara bergantian untuk mengurangi peradangan yang terjadi.

Maksimalkan juga beberapa cara mengatasi kesemutan di atas dengan minum obat pereda nyeri dan kesemutan akibat aktivitas sehari-hari yang mengandung Ibuprofen di dalamnya bisa membantu meredakan nyeri saraf otot, pegal, kram dan kesemutan. 

Baca Juga: Badan Cepat Pegal, Pertanda Penyakit Apa?

SHARE ON :