blog 1

ARTIKEL

Untuk mengatasi keluhan nyeri otot dan pegal linu serta meminimalkan kerusakan otot, kamu mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat atau power food berikut ini.

Cegah Badan Pegal Linu Datang Lagi dengan 10 Power Food Berikut Ini!

Jika Anda gemar berolahraga atau memiliki pekerjaan dengan aktivitas yang cukup berat setiap harinya, maka jangan heran jika Anda akan lebih sering mengalami keluhan nyeri otot dan badan pegal linu. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, badan pegal linu juga dapat memengaruhi aktivitas Anda sehari-hari.

Namun tak perlu khawatir, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keluhan nyeri otot dan pegal linu serta meminimalkan kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga dan aktivitas yang cukup berat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat atau power food berikut ini.

1. Madu manuka

Madu manuka umumnya lebih kental dari madu biasa dan ternyata merupakan anti-inflamasi yang ampuh menekan peradangan akibat olahraga di dalam tubuh. Selain itu madu manuka juga kaya akan karbohidrat yang dibutuhkan untuk mengisi ulang simpanan glikogen dan mengirimkan protein ke otot Anda. Selain diminum langsung, Anda juga bisa mencampurnya dengan teh atau yogurt.

2. Telur

Telur dikenal sebagai makanan padat nutrisi dan disukai oleh para atlet karena kandungan protein bioavailablenya yang tinggi. Mengkonsumsi telur saat mengalami nyeri otot dapat merangsang pemulihannya. Bukan hanya bagian putihnya, kuning telur juga memiliki banyak manfaat. Para peneliti berpendapat, hal ini terjadi karena nutrisi pada kuning telur mampu menyediakan vitamin, mineral, dan asam lemak, seperti vitamin A, selenium, seng, dan asam lemak palmitat, yang dapat meningkatkan kecepatan sintesis protein otot.

3. Susu

Susu dan produk olahannya mengandung protein tinggi dan memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh untuk perbaikan otot. Susu dan produk susu juga mengandung karbohidrat. Kombinasi antara protein dan karbohidrat dapat mendukung pertumbuhan otot dan membantu otot Anda mengisi kembali simpanan glikogen (glukosa). Susu juga mengandung sodium, yang penting untuk rehidrasi dan beberapa penelitian telah menemukan bahwa susu sapi secara signifikan bermanfaat bagi kinerja olahraga dan pemulihan fungsi otot.

4. Kacang & Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian menyediakan asam lemak Omega-3 yang esensial untuk melawan peradangan, protein untuk sintesis dan pertumbuhan otot, elektrolit untuk hidrasi yang memadai, dan seng untuk meningkatkan  kekuatan otot. Kacang-kacangan dan biji-bijian tidak hanya merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik tetapi juga praktis.

5. Bayam

Bukan sekadar makanan favorit karakter Popeye, bayam ternyata juga berkontribusi untuk pemulihan tubuh pasca olahraga berat. Sayuran ini mengandung magnesium yang membantu menjaga fungsi otot dan saraf normal, dan juga telah terbukti membantu mengatur gula darah dan tekanan darah. Jadikan bayam sebagai salah satu menu sayur favorit Anda, terutama saat tubuh sedang lelah atau padat aktivitas untuk membantu mempercepat pemulihan otot.

6. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang melawan peradangan, serta protein tanpa lemak yang merupakan komponen kunci untuk pemulihan dan pembentukan otot. Jika Anda berolahraga di pagi atau sore hari, masaklah salmon untuk makan siang atau makan malam. Pastikan untuk selalu makan protein dalam waktu 45 menit setelah berolahraga untuk pemulihan dan kekuatan yang memadai.

7. Buah semangka

Semangka memiliki rasa yang manis, mampu membantu menghidrasi tubuh, dan sarat dengan nutrisi. Bahkan, mengonsumsi buah semangka baik secara langsung maupun dijadikan jus juga bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan pemulihan otot setelah berolahraga. Hal ini karena semangka kaya akan asam amino L-citrulline. Selain sebagai bahan penyusun protein, asam amino ini juga memiliki efek antioksidan dan meningkatkan produksi oksida nitrat (NO) yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan meningkatkan energi.

8. Buah bit

Melansir dari Healthline.com, buah bit tinggi akan kandungan nitrat makanan dan pigmen yang disebut betalain. Nitrat makanan dapat membantu mengirimkan oksigen ke otot dan meningkatkan efisiensi bagian dari sel yang menghasilkan energi dan menjadi bahan bakar sel Anda. Sementara itu, betalain dapat mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif.

9. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung vitamin C dan tembaga yang dapat membantu menjaga serat otot tetap fleksibel serta membantu pertumbuhan dan perbaikan otot. Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik, sehingga energi yang terkuras dapat terisi kembali.

10. Kunyit

Kunyit memiliki kurkumin antioksidan yang membantu melawan peradangan dan telah terbukti mengurangi nyeri otot atau DOMS. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Physiology, senyawa dalam kunyit dapat membantu mengurangi kerusakan otot dan peradangan, meningkatkan perbaikan otot, dan meningkatkan kinerja atletik anda. Tidak ada salahnya sesekali mengganti kopi atau teh Anda dengan minuman kunyit yang segar.

Selain mengonsumsi makanan bergizi seperti power food  di atas, ringankan juga gejala pegal linu yang membuat tubuh terasa tidak nyaman dengan mengonsumsi NEO rheumacyl OralinuNEO rheumacyl Oralinu merupakan obat herbal terstandar yang sudah terbukti secara ilmiah untuk membantu meredakan nyeri sendi, pegal linu, nyeri akibat encok, dan sakit otot pinggang. Dalam bentuk cair yang dikemas dalam sachet, Anda bisa mengonsumsinya dimana saja dan kapan saja ketika membutuhkan.

nrh oralinu

SHARE ON :