Terapi Unik Untuk Redakan Pegal

Terapi Unik Untuk Redakan Pegal

27-November-2017
Share

Pegal-pegal memang bisa datang dan pergi kapan saja. Jika hilang dengan cepat, mungkin tak terasa terlalu mengganggu, tetapi tak jarang pegal dan nyeri terasa hingga berjam-jam bahkan berhari-hari. Kalau sudah begitu, aktivitas sudah pasti terhambat. Rasa pegal seperti itu tidak boleh disepelekan dan harus ditangani dengan tuntas. Bahkan,  sebagian orang rela melakukan terapi unik untuk menghilangkan pegal dan nyeri dari tubuh mereka. Apa saja ya terapi unik yang dimaksud.

Akupuntur

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah akupuntur. Namun apakah Anda tahu bagaimana prosedurnya dan sudah pernah mencobanya? Terapi ini dikenal sebagai terapi tusuk jarum. Sebab prosedurnya memang menusukkan jarum ke titik-titik saraf tertentu untuk mengobati berbagai penyakit. Akupuntur pada awalnya adalah sebuah metode pengobatan tradisional yang berasal dari Cina, namun dalam perkembangannya, metode akupuntur ini juga diakui oleh dunia medis. Bahkan kini dokter spesialis akupuntur pun sudah ada.

Terapi satu ini bisa mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit berat seperti jantung sekalipun. Jika keluhan Anda adalah pegal-pegal, akupuntur bisa jadi terapi alternatif karena sifat terapinya yang dapat melancarkan peredaran darah

Listrik

Terapi listrik juga salah satu terapi unik yang semakin familiar di kalangan masyarakat. Bahkan program fisioterapi pun sudah menggunakan pemakaian arus listrik. Untuk keluhan pegal dan nyeri otot biasanya alat terapi listrik berupa kursi pijat, pemijat kaki, atau pemijat leher sudah cukup sering digunakan. Fungsinya tak lain untuk melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah.

Alat terapi listrik menghasilkan panas dan panas tersebut dapat melebarkan pembuluh darah. Arus listrik juga dapat merangsang saraf-saraf di sekitarnya sehingga memberikan efek relaksasi pada otot. Ada pula terapi listrik yang membutuhkan terapis sebagai fasilitator penghubung antara manusia dan aliran listrisk yang digunakan. Namun untuk keampuhan dan keamanannya perlu diuji lebih lanjut lagi dan biasanya pun digunakan untuk keluhan yang lebih serius dibandingkan pegal dan nyeri otot.

Ikan

Pernahkah Anda berwisata ke Bali—atau tempat wisata lain—dan melihat banyak orang merendam kaki mereka di dalam kolam penuh ikan? Jika ya, jangan heran, sebenarnya mereka sedang melakukan terapi ikan. Terapi ini biasanya banyak tersedia di sekitar tempat wisata yang menuntut orang banyak berjalan kaki. Jadi kaki Anda akan dimasukan ke dalam kolam kecil berisi penuh ikan nilem. Ikan-ikan ini kemudian akan menggigiti kaki Anda. Namun tenang saja, gigitannya tidak terasa sakit kok, hanya sedikit terasa geli saja.  Efek dari terapi ikan adalah untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Gigitan ikan pada bagian kaki bisa membuat reaksi saraf yang sangat bagus. Hal inilah yang membuat kaki Anda menjadi lebih ringan saat keluar dari kolam. Aliran darah akan lebih lancar dan otot kaki akan lebih santai.

Tertarik mencoba aneka terapi di atas? Sepertinya layak untuk dicoba ya. Namun jika Anda merasa pegal dan belum punya waktu untuk pergi terapi, kenapa tidak lakukan pertolongan pertama pada rasa pegal menggunakan NEO rheumacyl Oralinu. Kandungan herbalnya seperti Bupleurum Falcatum, Kunyit & Pala yang terbukti  efektif sebagai pereda nyeri sendi, pegal linu, keseleo, terkilir, dan nyeri bagian tubuh lainnya.

Related Article

OTOT

Tips Trekking Aman, Nyaman, dan Bebas Pegal Linu Serta Nyeri Otot

Selama pandemi, trekking ke bukit, menikmati air terjun, atau sekadar menyusuri jalur pendakian ringan menjadi pilihan terbanyak untuk mengusir rasa ...

Read More

OTOT

Sering Diabaikan, Ternyata Mengonsumsi Makanan Ini Bisa Jadi Cara Mengatasi Pegal Linu

Seperti beberapa makanan berikut ini yang ternyata bisa Anda konsumsi untuk mengatasi pegal linu yang seringkali dirasakan akibat aktivitas yang ...

Read More

OTOT

Keluhan Pegal Linu, Nyeri Otot, dan Sendi Setelah Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang jarang berolahraga atau lupa mengawali aktivitas fisiknya dengan melakukan gerakan pemanasan. Berikut ini ...

Read More