blog 1

ARTIKEL

Sebelum terlambat, coba pahami tubuh Anda dan mulai lakukan olahraga untuk memelihara kesehatan otot dan sendi di usia 30 tahun ke atas.

Olahraga untuk Memelihara Kesehatan Otot dan Sendi Usia 30 Tahun ke Atas

Kegiatan-kegiatan yang kita anggap ‘biasa’ di usia 20-an seperti, terlalu banyak duduk di kantor, berolahraga tanpa pendinginan, dan kurang istirahat karena bergadang rasanya bukan masalah besar. Namun di usia 30-an, tubuh rasanya mulai ‘memberontak’. Apakah Anda merasakannya juga? Sebelum terlambat, coba pahami tubuh Anda dan mulai lakukan olahraga untuk memelihara kesehatan otot dan sendi di usia 30 tahun ke atas.

Memahami tubuh di Usia 30

Setiap bertambahnya usia, perubahan pada tubuh pasti terjadi. Namun memasuki usia 30-an, perubahan yang lebih signifikan mulai terasa. Sayangnya, seringkali bukan perubahan ke arah yang lebih baik. “Ketika kita lebih muda, kita memiliki lebih banyak kolagen dan elastin yang menjaga tubuh kita tetap kencang, lebih tangguh dan dengan kemampuan yang lebih baik untuk pulih. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan semakin ‘aus’.” Ungkap Karena Wu, ahli terapi fisik dan pemilik Terapi Fisik ActiveCare di New York City dan India seperti dilansir dari today.com

Ketika Anda mencapai usia 30 tahun ke atas, terjadi perubahan fisiologis yang disebut sarcopenia, artinya jaringan otot Anda mulai berkurang karena penuaan. Akibatnya, tubuh secara umum menjadi lebih lemah dan kehilangan stamina sehingga perlu usaha lebih agar dapat mempertahankan tingkat kebugaran dasar. Itu sebabnya olahraga secara teratur tidak bisa lagi disepelekan.

Namun, karena penurunan kondisi otot dan sendi, risiko cedera saat berolahraga juga akan meningkat khususnya di bagian punggung bawah, bahu dan lutut. Itu sebabnya, Anda perlu cermat memilih olahraga yang tepat untuk memelihara kesehatan otot dan sendi usia 30 tahun ke atas.

Boxing

Tinju biasa dapat membantu Anda mengembangkan kekuatan. Saat Anda melempar pukulan ke udara atau ke karung tinju, gerakan otot-otot di lengan dan bahu Anda bergerak meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas. Juga, selama posisi berjongkok, lutut yang sedikit ditekuk meningkatkan penguatan otot kaki, punggung, dan inti Anda. Namun, sebelum melakukan olahraga ini, bicarakan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Lari

Berlari adalah kegiatan olahraga yang sederhana namun memiliki banyak manfaat. Mulai dari membantu menjaga berat badan yang sehat, memperkuat otot dan membangun tulang yang kuat. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa berlari hanya 50 menit seminggu dengan kecepatan sedang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Berenang

Lakukan  berenang untuk bersenang-senang dan kebugaran. Berenang selama 30-60 menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan penurunan berat badan, mengencangkan otot, dan memperbaiki suasana hati Anda. Jika Anda menyukai air, maka Anda harus mencoba mempertimbangkan aktivitas olahraga ini. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum mendaftar untuk sesi.

Bersepeda

Bersepeda tergolong olahraga yang tidak terlalu melelahkan dan lebih nyaman daripada berenang atau berlari. Namun manfaat dari bersepeda dapat meningkatkan kekuatan otot Anda, membangun daya tahan, memperbaiki postur tubuh, mengurangi lemak tubuh dan mengurangi stres. Ingatlah untuk memperbaiki teknik dan posisi Anda. Disarankan untuk menempuh jarak pendek jika Anda bersepeda untuk pertama kalinya.

Menari

Selain bersepeda, menari juga jenis olahraga yang menyenangkan dan tidak monoton. Ketika Anda mulai menari secara teratur, Anda akan merasakan manfaat berikut: peningkatan kekuatan, lebih banyak fleksibilitas, keseimbangan yang lebih baik, pengurangan stres dan kehilangan lemak. Jika Anda ingin menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat di usia 30-an.

Jangan lupa peregangan!

Selain olahraga utama, jangan lupa juga untuk menjadikan peregangan sebagai kebiasaan.

Sebab peregangan sangat penting untuk membantu menjaga homeostasis jaringan otot/tendon (kemampuan makhluk hidup  untuk mempertahankan kondisi konstan sehingga tubuh bisa berfungsi normal). Jika Anda tidak melakukan peregangan, Anda akan menambahkan tekanan pada persendian dan berpotensi menyebabkan cedera pada saat berolahraga atau bahkan saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Melakukan olahraga untuk memelihara kesehatan otot dan sendi di usia 30 tahun ke atas akan membuat tubuh Anda lebih kuat dan meminimalisir kekakuan serta rasa nyeri. Namun apabila nyeri muncul di saat tak terduga, bantu redakan dengan obat pereda nyeri otot dan sendi. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda apabila mengalami nyeri otot dan sendi berkepanjangan

SHARE ON :