5 Penyebab Sakit Nyeri di Bagian Leher dan Pundak

5 Penyebab Sakit Nyeri di Bagian Leher dan Pundak

22-May-2017
Share

Bagian leher dan pundak, termasuk bagian tubuh yang kerap dilanda nyeri. Rasanya sangat mengganggu. Tubuh terasa sakit saat dipakai beraktivitas, tetapi dibawa tidur juga tidak terasa nyaman. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami masalah ini, coba teliti lagi kebiasaan Anda sehari-hari. Bisa jadi salah satu kebiasaan itulah yang menjadi pemicunya.

Tas terlalu berat
Tahukah Anda, membawa tas terlalu berat bisa membebani pundak dan membuatnya terasa sakit? Idealnya Anda hanya boleh membawa tas dengan bobot 15% dari total berat badan Anda. Jika berat badan Anda 50kg, maka bobot tas Anda tak boleh lebih dari 8kg. Selain bobot yang terlalu berat, cara Anda membawa tas juga perlu diperhatikan. Misalnya gunakan tas dengan straps yang besar, bagi barang bawaan ke dalam beberapa tas, dan masih banyak lagi cara membawa tas yang benar. Coba lebih diperhatikan ya!.

Postur tubuh salah
Postur tubuh yang salah bukan hanya bisa membuat nda nyeri otot pada bagian leher dan pundak, tetapi jika dibiarkan, dapat menyebabkan gangguan saraf tulang belakang. Coba perbaiki postur tubuh Anda, khususnya ketika bekerja. Pastikan posisi tubuh Anda tegak, kaki lurus dan tidak menyilang, selingi dengan berdiri dan berjalan setiap 1-2 jam sekali. Postur tubuh yang benar akan mengurangi risiko nyeri otot dan gangguan tulang belakang.

Salah posisi tidur
Tidur seharusnya adalah aktivitas yang membuat Anda merasa lebih rileks dan nyaman. Tetapi kalau dilakukan dengan posisi yang salah, Anda malah bisa merasa lebih pegal ketika bangun nanti. Hal ini bisa disebabkan karena bantal yang terlalu tinggi, terlalu lama tidur menghadap sisi tertentu, tidur tengkurap, dan masih banyak lagi. Sebaiknya gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi dan berbaring terlentang untuk mencegah munculnya pegal saat bangun tidur.

Kecanduan Smartphone
Penyebab yang satu ini mungkin paling banyak dialami oleh kaum urban. Ketergantungan terhadap smartphone untuk berbagai alasan - kerja, bersosialisasi, bermain games, browsing, nonton film - membuat banyak orang terbiasa dengan postur tubuh yang salah. Leher yang terlalu sering menunduk saat melihat smartphone lama-lama akan merasa nyeri dan bahkan kram.

Cedera saat olahraga
Untuk Anda yang punya hobi olahraga, nyeri di bagian leher dan pundak bisa jadi diakibatkan Cedera Saat Olahraga. Misalnya saat Anda melakukan olahraga angkat beban ataupun olahraga lain yang banyak menggunakan kekuatan otot bahu dan lengan seperti badminton, tenis, golf, voli, dan olahraga lainnya. Apalagi jika Anda lupa melakukan pemanasan sebelumnya. Wah, hati-hati ya!

Kejang otot karena kesalahan pada sikap tubuh atau terlalu lama pada suatu posisi yang memaksa, memang sering terjadi. Namun jangan dibiarkan ya, saat nyeri melanda segera redakan dengan NEO rheumacyl Neck and Shoulder memberikan solusi untuk meredakan nyeri otot pada tengkuk dan pundak. Dengan kandungan menthol dan eucaplyptus (kayu putih) dan aroma yang lembut efek aroma terapi, NEO rheumacyl Neck & Shoulder memberikan kehangatan dan relaksasi.

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More