blog 1

ARTIKEL

Nyeri Otot Pasca Latihan atau Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS seperti para ahli menyebutnya) adalah hal yang wajar dialami setelah selesai berolahraga.

Baru Mulai Berolahraga? Ini Cara untuk Meminimalisir Nyeri Otot!

Nyeri Otot Pasca Latihan atau Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS seperti para ahli menyebutnya) adalah hal yang wajar dialami setelah selesai berolahraga. Namun, bagi pemula dalam olahraga, biasanya akan lebih ‘menderita’ bahkan kapok berolahraga lagi. Eitsss, jangan menyerah dulu! Simak penjelasan tentang DOMS atau nyeri otot setelah berolahraga dan cara meminimalisirnya!

Nyeri adalah respons alami tubuh Anda. Meskipun dirasa mengkhawatirkan khususnya bagi pemula dalam olahraga, DOMS adalah respons normal terhadap aktivitas yang tidak biasa dan merupakan bagian dari proses adaptasi yang menuju pada stamina dan kekuatan yang lebih besar saat ketika otot pulih dan membangun hipertrofi.

Mengutip dari boxrox.com, banyak metode berbeda telah dicoba oleh para atlet hebat tetapi hanya ada sedikit bukti ilmiah atau penelitian yang mendukung. Namun Anda bisa mencoba mengatasinya dengan metode-metode yang cukup popular, seperti berikut ini:

Active Recovery (AR). Lakukan latihan intensitas rendah yang bermanfaat panjang, misalnya aerobik. Peningkatan aliran darah memiliki efek yang terbukti mengurangi nyeri otot. Metode ini sudah terbukti secara ilmiah.

Pijat. Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa pijat baik untuk nyeri, namun banyak yang mengandalkan cara ini untuk mengatasi nyeri. Saat pijatan dilakukan, terjadi peningkatan aliran darah dan beberapa orang mengatakan itu membantu mengangkut asam laktat yang bisa memperburuk rasa nyeri.

Pendinginan. Yang ini saya coba sebagai rekomendasi dari teman baik saya Hein. Salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan setelah latihan ekstrem adalah dengan mendinginkannya, misalnya dengan mandi dengan air dingin, atau jika memungkinkan berendam di bathtub atau kolam air dingin. Cara ini layak dicoba untuk merelaksasi otot dan menyegarkan tubuh Anda.

Yoga. Yoga dan peregangan lembut bekerja sangat baik untuk nyeri otot pasca-latihan. Hal ini layak dicoba untuk memulihkan otot dari rasa nyeri.

Istirahat. Tunggu dulu, rasa pegal pasti akan hilang dalam 3 - 7 hari dan hal ini bisa dipercepat dengan cukup beristirahat. Namun apabila rasa nyeri tak kunjung hilang, maka Anda perlu mempertimbangkan bahwa yang Anda alami mungkin lebih parah—misalnya cedera otot. Selain itu, Anda perlu tahu bahwa tidak mengistirahatkan otot yang kelelahan/sakit justru dapat meningkatkan rasa sakit yang Anda rasakan.

Terakhir, oleskan saja NEO rheumacyl Otot dan Sendi Cream Tube Varian HOT atau Hangat pada bagian tubuh yang terasa nyeri. NEO rheumacyl membantu redakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Panasnya pas, cepat meresap dan tidak lengket. Nah, itulah cara meminimalisir nyeri otot yang bisa kamu coba. Yuk, tetap aktif bersama NEO rheumacyl!

 

 

SHARE ON :