5 Pose Yoga untuk Mengatasi Sindrom Carpal Tunnel

5 Pose Yoga untuk Mengatasi Sindrom Carpal Tunnel

25-August-2017
Share

5 Pose Yoga untuk Mengatasi Sindrom Carpal Tunnel - Sindrom carpal tunnel sindrom lorong karpal) adalah adalah sebuah kondisi mati rasa, kesemutan, kelemahan, dan masalah lain di tangan Anda karena tekanan pada saraf median di pergelangan tangan Anda. Saraf median dan beberapa tendon terhubung dari lengan bawah ke tangan Anda melalui ruang kecil di pergelangan tangan Anda yang disebut carpal tunnel. Saraf median tersebut mengendalikan gerakan dan perasaan di empat jari Anda kecual jari kelingking.

Sindrom ini disebabkan oleh tekanan yang terus menerus pada saraf median. Tekanan ini berasal dari pembengkakan atau apapun yang membuat carpal tunnel lebih kecil. Banyak hal yang bisa menyebabkan pembengkakan ini, diantaranya penyakit hipotiroidisme, rheumatoid arthritis, dan diabetes. Selain itu jika Anda sering membuat gerakan tangan atau pergelangan yang sama dan berulang-ulang, maka Anda lebih berpotensi mengalami sindrom ini. Wanita yang sedang hamil pun kerap mengalami masalah kesehatan satu ini.

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi sindrom carpal tunnel adalah menghentikan aktivitas atau kebiasaan yang memicu munculnya sindrom tersebut. Kemudian kompres pergelangan tangan Anda dengan es selama 15 menit setiap beberapa jam. Olahraga secara teratur juga bisa membuat tubuh lebih lentur sehingga tidak mudah mengalami sindrom ini. Namun Anda harus berhati-hati ketika melakukan olahraga tertentu, yoga misalnya. Sebab beberapa gerakan yoga bertumpu pada telapak tangan, gerakan tersebut harus Anda hindari. Sedangkan gerakan yoga yang dianjurkan untuk penderita carpal tunnel adalah pose-pose berikut ini.

Dolphin Pose
Pose lumba-lumba  ini dapat memperkuat pergelangan tangan karena tanpa memberi tekanan yang berlebihan. Awali dengan posisi merangkak, lalu luruskan kaki secara bertahap, dan letakkan lengan bawah (dimulai dari siku) ke lantai.

Tadasana (Mountain Pose)
Berdiri tegak dan pertemukan kedua telapak tangan Anda. Tarik ke arah atas hingga Anda merasa tulang belakang Anda tertarik dan berada dalam posisi lurus. Latihan ini bisa memperkuat tulang belakang dan meluruskan saraf sehingga terhindar dari ketegangan.

Anjali Mudra

Lemaskan tubuh, silangkan kedua kaki dalam posisi duduk. Tangkupkan kedua telapak tangan tepat di depan dada seperti layaknya orang berdoa. Pastikan bahu Anda tetap lurus. Gerakan ini bisa memperkuat pergelangan tangan dan bahu Anda.

Gomukhasana
Silangkan kedua kaki Anda. Pastikan lutut kaki saling bersinggungan, dan satu lutut berada di atas lutut lainnya. Di saat yang sama cobalah untuk mengaitkan kedua tangan Anda di balik punggung. Tarikan yang dialami pergelangan tangan Anda saat mengaitkan tangan, akan memperkuat pergelangan tangan sekaligus melemaskan saraf yang terjepit.

Garudasana
Sedikit lebih rumit dibandingkan gerakan lainnya, namun gerakan garudasana bisa membantu melemaskan saraf-saraf Anda. Silangkan kaki dan tangan dalam posisi berdiri sehingga bagian tubuh Anda terlihat seperti saling membelit. Pastikan Anda dapat menyeimbangkan diri dengan baik.

Coba lakukan pose yoga di atas secara teratur, agar hasilnya lebih terasa. Selain itu minum NEO rheumacyl Neuro. Mengandung Ibuprofen yang meredakan nyeri saraf otot, pegal, kram dan kesemutan serta Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan syaraf.

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More