4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang

30-September-2018
Share

Sakit pinggang adalah salah satu hal yang amat mengganggu aktvitas Anda. Salah satu penyebab sakit pinggang adalah kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan. Tanpa sadar, beberapa kebiasaan Anda lakukan terus menerus sehingga mengakibatkan sakit pinggang yang berkpanjangan. Jika dibiarkan, masalah ini akan mengganggu kualitas hidup Anda. Coba perhatikan lagi, apakah salah satu hal ini sering Anda lakukan selama ini?

  • Kelebihan berat badan. Jaga berat badan Anda di untuk pencegahan sakit pinggang. Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), kelebihan berat badan, terutama di bagian tengah, dapat memberikan ketegangan tambahan pada otot punggung Anda. Dengan tetap berada memiliki berat badan ideal melalui olahraga dan diet yang sehat, maka risiko sakit pinggang akan semakin berkurang.
     
  • Merokok. Nikotin membatasi aliran darah ke arah cakram yang melindungi vertebra Anda dan mempercepat degenerasi. Kehilangan bantalan ini dapat menyebabkan sakit pinggang. Merokok juga mengurangi penyerapan kalsium dan mencegah pertumbuhan tulang baru, sehingga perokok memiliki risiko osteoporosis lebih tinggi ,dan penyembuhan lebih lambat setelah patah tulang. Selain itu, batuk karena merokok berat dapat menyebabkan sakit pinggang.
     
  • Mengangkat barang berat. Seringkali cedera punggung terjadi ketika kita mencoba mengangkat benda berat dan melakukannya dengan salah.  Saat mengangkat barang, coba tekut lutut Anda untuk menjaga tumpuan berat badan Anda tetap stabil. Jaga kepala Anda menghadap ke bawah dan luruskan punggung, hindari gerakan memutar.
     
  • Kurang aktif bergerak. Saat mengalami sakit pinggang, terkadang Anda justru teralu memanjakan kondisi ini. Padahal penelitian menunjukkan bahwa orang yang melanjutkan aktivitas normal sehari-hari setelah mengalami nyeri pinggang, justru memiliki fleksibilitas punggung yang lebih baik daripada mereka yang beristirahat di tempat tidur selama seminggu. Istirahat tidur yang terlalu lama dapat juga meningkatkan rasa sakit dan berpotensi menyebabkan komplikasi, termasuk depresi, pembekuan darah di kaki, dan penurunan tonus otot.

Hindari kebiasaan-kebiasaan di atas untuk menghindari pinggang berkepanjangan. Jika sakit pinggang terasa sangat menganggu, Anda juga bisa mengonsumsi  NEO rheumacyl Tablet NEO rheumacyl dengan kandungan formula efektif dari Paracetamol & Ibuprofen, sebagai ahlinya nyeri otot, nyeri sendi & pegal linu sejak 1972.

Related Article

OTOT

Tips Trekking Aman, Nyaman, dan Bebas Pegal Linu Serta Nyeri Otot

Selama pandemi, trekking ke bukit, menikmati air terjun, atau sekadar menyusuri jalur pendakian ringan menjadi pilihan terbanyak untuk mengusir rasa ...

Read More

OTOT

Sering Diabaikan, Ternyata Mengonsumsi Makanan Ini Bisa Jadi Cara Mengatasi Pegal Linu

Seperti beberapa makanan berikut ini yang ternyata bisa Anda konsumsi untuk mengatasi pegal linu yang seringkali dirasakan akibat aktivitas yang ...

Read More

OTOT

Keluhan Pegal Linu, Nyeri Otot, dan Sendi Setelah Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang jarang berolahraga atau lupa mengawali aktivitas fisiknya dengan melakukan gerakan pemanasan. Berikut ini ...

Read More