4 Gerakan untuk Redakan Sakit Pinggang Sebelah Kiri

4 Gerakan untuk Redakan Sakit Pinggang Sebelah Kiri

29-September-2018
Share

Seringnya mengalami sakit pinggang sebelah kiri atau kanan, terkadang menjadi alasan bagi sebagian orang untuk tidak berolahraga. Takut cedera, takut sakit, takut nyeri, begitu mungkin pikiran Anda. Kenyataannya, olahraga justru sangat perlu dilakukan untuk mencegah sakit pinggang terjadi lagi dan lagi. Semakin rutin Anda berolahraga, maka otot dan persendian Anda akan semakin lentur. Bahkan ada beberapa gerakan olahraga yang bisa merelaksasi dan melenturkan pinggang Anda. Coba gerakan-gerakan di bawah ini.

#1 Partial stomach crunch

Partial stomach crunch membangun kekuatan antara punggung bawah dan otot perut yang terkait, menjadikan latihan ini ideal untuk penderita spondylosis atau fenomena penuaan yang menimbulkan tonjolan tulang (taji atau spur, atau osteofit) yang disebabkan oleh tulang dan ligamen pada tulang belakang. Kondisi ini menyebabkan pinggang Anda sering terasa sakit. Oleh karena itu lakukan partial stomach crunch sebagai salah satu gerakan olahraga harian Anda.

Berbaringlah dengan posisi lutut ditekuk dan telapak kaki rata di lantai. Silangkan lengan Anda di dada atau belakang kepala Anda. Jaga otot perut Anda tetap kencang, angkat bahu dari lantai. Saat Anda mengangkat bahu, bernapaslah. Hindari mengangkat bahu dengan memajukan siku ke depan. Tahan selama satu detik, lalu perlahan turunkan diri Anda kembali ke lantai. Pertahankan punggung bawah, kaki, dan tulang ekor Anda di atas lantai selama latihan.

#2 Wall sits

Ketika pinggang terasa neyeri, cobalah berasndar di dinding dengan kondisi punggung lurus. Geser punggung ke bawah dinding perlahan hingga posisi lutut menekuk membentuk sudut siku-siku. Tahan posisi ini selama 10 hitungan. Ulangi 8 hingga 12 kali.

#3 Bird dog

Gerakan ini juga cocok untuk meringankan nyeri pinggang.gerakan bird dog adalah untuk menstabilkan punggung bawah selama gerakan lengan dan kaki. Tempatkan telapak tangan dan lutut di lantai, kencangkan otot perut. Angkat kaki kanan dan lengan kiri hingga sejajar dengan punggung bawah Anda. Tahan selama beberapa detik, jangan biarkan otot perut Anda berubah. Turunkan kembali ke lantai lalu ganti dengan kaki serta tangan lainnya.

#4 Bridge

Bridge dapat mengatasi berbagai gejala sakit pinggang sakit punggung dengan cara memperkuat punggung bawah, paha belakang, pantat, perut dan pinggul. Pastikan saja punggung, pinggang, bokong, dan paha Anda berada pada garis lurus saat memlakukan gerakan bridge.

Lakukan gerakan-gerakan di atas secara teratur. Jangan sepelekan rasa pegal, kram, kesemutan, kebas yang Anda rasakan karena bisa saja merupakan awal dari nyero nyeri saraf otot. Redakan dengan minum NEO rheumacyl tablet yang dikonsumsi untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi & pegal linu. Sakit pinggang hilang, Anda pun kembali aktif.

Related Article

SARAF OTOT

Posisi Yoga untuk Atasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Posisi Yoga untuk Atasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan - Salah satu penyebab Anda sering mengalami sakit pinggang adalah karena Anda ...

Read More

SARAF OTOT

5 Aktivitas ini Memang Bikin Nyeri Otot, Tapi Seru Banget Dilakukan Bareng Keluarga

5 Aktivitas ini Memang Bikin Nyeri Otot, Tapi Seru Banget Dilakukan Bareng Keluarga - lebih seru lagi jika dilakukan bersama ...

Read More

SARAF OTOT

Mengenal Sindrom Kaki Datar

Mengenal Sindrom Kaki Datar - Jika telapak kaki Anda termasuk datar, berarti Anda mengalami sindrom kaki datar atau flat feet. ...

Read More