blog 1

ARTIKEL

Fenomena badan cepat pegal sering Kita rasakan seiring bertambahnya usia. Namun, badan pegal berkepanjangan ternyata bisa menandakan penyakit tertentu. Kira-kira apa, ya?

Badan Cepat Pegal, Pertanda Penyakit Apa?

Semakin bertambahnya usia, beberapa orang akan merasakan fenomena badan cepat pegal. Selain karena banyak melakukan pekerjaan yang cukup berat, badan pegal berkepanjangan ternyata bisa menandakan adanya penyakit tertentu. Kira-kira apa, ya? 

Fibromialgia

Badan cepat pegal dan dialami hingga bertahun-tahun tentu menandakan kondisi yang cukup serius. Salah satunya adalah fibromyalgia, yaitu penyakit kronis yang ditandai dengan rasa pegal pada persendian dan nyeri otot di seluruh bagian tubuh. Menurut penuturan dr. Fiona Amalia, MPH, dari KlikDokter.com, keluhan nyeri ini umumnya berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Rasa nyeri ini bisa berupa nyeri otot dalam, pegal-pegal, otot kaku, rasa terbakar, hingga nyeri berdenyut. Tak hanya itu saja, penyakit ini juga seringkali disertai berbagai keluhan lain, seperti perasaan lelah saat bangun pagi, cemas, depresi dan gangguan pencernaan.

Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab pasti dari fibromalgia. Meskipun penyakit ini memengaruhi otot, rasa nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan kerusakan jaringan otot, berbeda dengan artritis atau peradangan lainnya.

Baca Juga: Sering Merasa Badan Cepat Pegal? Yuk, Ubah Beberapa Kebiasaan Berikut Ini

Rabdomiolisis

Penyakit selanjutnya adalah rabdomiolisis, yaitu cedera jaringan otot rangka yang dapat memicu timbulnya rasa pegal, nyeri, dan kram otot. beberapa faktor penyebabnya antara lain adanya trauma, konsumsi obat tertentu, hingga kelainan genetik metabolisme otot. 

Kompresi Saraf

Badan cepat pegal dan berlangsung hingga bertahun-tahun juga bisa mengindikasikan adanya kompresi pada saraf yang juga bisa menyebabkan keluhan lainnya, seperti kram otot, kesemutan, bahkan pada tahap yang parah, dapat mengakibatkan kelumpuhan pada bagian tubuh tertentu.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda tahu bahwa nyeri otot dan pegal linu tidak bisa dianggap sepele. Sebagai pertolongan pertama Anda bisa meredakan nyeri otot dengan cara berikut ini.

  • Mengistirahatkan otot yang sakit 
  • Mengompres dengan air hangat atau mandi air hangat
  • Menghindari melakukan aktivitas yang berat sampai rasa nyeri dan pegal menghilang. 
  • Minum obat pereda pegal linu dan nyeri otot yang terbuat dari bahan alami.

Untuk mendapatkan diagnosis yang pasti dan penanganan yang tepat, segera konsultasikan ke dokter mengenai keluhan yang Anda alami selama ini, ya. Apalagi bila rasa nyeri dan pegal juga disertai dengan gejala berat lainnya, seperti ruam kemerahan dan bengkak, sulit bernapas, dan kaku pada leher.

Baca Juga: Lebih Hati-hati, Kram atau Kejang Otot Dapat Terjadi karena Kebiasaan Berikut Ini

SHARE ON :