blog 1

ARTIKEL

Kram atau kejang otot biasanya terjadi karena kebiasaan yang jarang kita sadari. Apa saja ya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Lebih Hati-hati, Kram atau Kejang Otot Dapat Terjadi karena Kebiasaan Berikut Ini

Kram atau kejang otot seringkali datang secara tiba-tiba dan cukup membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Tak hanya itu, keluhan yang satu ini juga biasanya terjadi karena kebiasaan yang jarang kita sadari. Apa saja ya?

Kram atau Kejang Otot Akibat Bermain Gadget

Dilansir dari Kompas.com, saat bermain gadget, kepala akan lebih sering menunduk dan jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama, kebiasaan yang satu ini justru bisa menyebabkan saraf otot di beberapa bagian tubuh menjadi kaku dan akhirnya menyebabkan kram atau kejang otot

Tidur dengan Menindih Tangan 

Secara tidak sadar, seringkali kita tidur dengan posisi tangan berada di bawah bantal dan tertindih kepala. Atau tidur dengan melipat tangan dan dijadikan sebagai bantalan kepala. Meski terasa nyaman, namun tahukah Anda bahwa posisi ini justru bisa menimbulkan keluhan kesehatan seperti kejang otot, lho. Hal ini terjadi akibat adanya saraf tubuh yang tertekan. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya tidur dalam posisi terlentang di mana kepala, tulang belakang, dan kaki berada pada satu garis lurus. Tak hanya berguna untuk menjaga postur tubuh, posisi tidur terlentang juga sangat baik untuk menjaga kekuatan tulang sehingga Anda tidak mudah merasa nyeri dan pegal di area persendian.

Baca Juga: Badan Pegal Ketika Bangun Tidur? Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Jarang Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Hingga kini, masih banyak orang yang merasa malas untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Alasannya biasanya karena masih mengantuk atau sedang buru-buru untuk berangkat ke kantor. Tak heran kalau akhirnya mereka akan lebih mudah mengalami kejang otot yang cukup mengganggu aktivitasnya. Kejang otot ini mungkin saja terjadi akibat kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh yang seharusnya bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan cara berjemur di pagi hari. Oleh karena itu, yuk biasakan diri untuk berjemur mulai dari sekarang. Pastikan juga sudah mengoleskan tabir surya, ya!

Saat Kram dan Kejang Otot Melanda, Apa yang Harus Dilakukan?

Saat kejang otot melanda, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan. Luangkan waktu untuk beristirahat, kemudian minum obat pereda nyeri seperti yang mengandung bahan alami di dalamnya, seperti madu, ekstrak jahe, kunyit, ginseng, dan jeruk nipis di dalamnya dipercaya mampu mengurangi nyeri sendi, kejang otot, dan juga pegal linu. 

 

Baca Juga: Cara Atasi Nyeri Otot Akibat WFH dengan Dua Kali Olesan. Penasaran?

SHARE ON :