blog 1

ARTIKEL

Berikut ini adalah tips memilih sepatu yang baik untuk bantu mengurangi pegal dan nyeri otot kaki!

Tips Memilih Sepatu Yang Baik untuk Bantu Mengurangi Pegal dan Nyeri Otot Kaki

Memilih sepatu adalah hal krusial dalam menjaga kesehatan otot kaki dan bahkan bisa mempengaruhi kondisi tubuh Anda secara keseluruhan. Menggunakan sepatu yang tidak nyaman bisa membuat aktivitas Anda akan terganggu karena pegal dan nyeri otot. Berikut ini adalah tips memilih sepatu yang baik untuk bantu mengurangi pegal dan nyeri otot kaki!

Sebenarnya menemukan sepatu yang baik tidaklah sulit. Anda mungkin sudah bisa merasakannya sejak pertama kali mencoba. Sepatu yang baik untuk kaki Anda memiliki kriteria berikut:

  1. Memiliki midsole yang nyaman. Midsole atau bantalan pada sepatu yang memberi perlindungan pada kaki sehingga kaki terasa nyaman dan Anda lebih stabil saat menapak lantai atau permukaan tanah.
  2. Ada cukup ruang di ujung sepatu sekitar 1?1,5 cm di ujung sepatu. Sisa ‘ruang’ itu harus cukup lebar dan panjang agar pas dengan kaki Anda namun tidak terlalu kencang.

Selain itu harus memenuhi kriteria di atas, saat hendak membeli sepatu perhatikan juga hal-hal berikut ini:

1. Beli sepatu olahraga di toko khusus

Saat Anda mencari sepatu untuk olahraga, pastikan Anda membelinya di toko khusus atau merek khusus olahraga. Banyak merek mengeluarkan model sepatu olahraga, namun sepatu tersebut ternyata tidak memiliki fitur-fitur yang perlu dimiliki sepatu olahraga. Jangan sampai salah karena hanya mementingkan modelnya saja.

2. Belilah sepatu di penghujung hari

Cara ini akan membantu memastikan bahwa sepatu tetap terasa nyaman saat kaki Anda berada pada ukuran terbesarnya. Jika sepatu yang Anda inginkan perlu menggunakan kaus kaki, gunakanlah jenis kaus kaki yang sama dengan yang Anda pakai untuk aktivitas sehari-hari.

3. Coba bergerak

Bukan hanya memastikan ukuran sepatu sudah pas, coba gunakan juga sepatu tersebut untuk berjalan, berlari kecil, dan menggerakkan semua jari kaki Anda. Apakah masih ada cukup ruang di dalam sepatu ketika Anda bergerak?

4. Periksa solnya

Apakah bagian sol cukup kokoh untuk melindungi dari benda berbahaya yang mungkin terinjak? Apakah memberikan cengkeraman yang pas? Cobalah berjalan di atas karpet dan permukaan yang keras untuk memastikan sol cukup nyaman untuk digunakan sehari-hari .

Sepatu yang terlalu longgar, terlalu sempit, dan tidak mampu menopang tubuh dengan baik akan mengakibatnya banyak tekanan pada kaki, pergelangan kaki, tungkai bawah, dan persendian lainnya. Tekanan yang berkelanjutan ini lah yang dapat menyebabkan rasa sakit , nyeri, atau cedera seperti shin splints dan nyeri tendon Achilles, kuku yang tumbuh ke dalam, hingga masalah postural dan nyeri punggung bawah. Cedera semacam itu dapat mengganggu aktivitas Anda.

Sepatu Anda juga dapat mempengaruhi cara atau gaya berjalan Anda. Sehingga beberapa  jenis sepatu, termasuk sepatu hak tinggi dan sandal jepit tidak cocok untuk aktivitas yang panjang. Jadi pastikan Anda memilih sepatu yang nyaman dan tepat untuk aktivitas yang Anda lakukan. Apabila pegal dan nyeri otot kaki mulai terasa mengganggu kegiatan Anda, segera redakan pereda nyeri yang mengandung Ibuprofen serta Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat meredakan nyeri dan dapat menjaga kesehatan syaraf.

SHARE ON :