Sering Merasa Badan Cepat Pegal? Yuk, Ubah Beberapa Kebiasaan Berikut Ini

Sering Merasa Badan Cepat Pegal? Yuk, Ubah Beberapa Kebiasaan Berikut Ini

26-February-2021
Share

Sering merasa badan cepat pegal? Bisa jadi hal ini terjadi karena kebiasaan yang tanpa Anda sadari seringkali dilakukan bahkan hingga saat ini. Jangan anggap sepele, yuk mulai ubah beberapa kebiasaan berikut ini untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda!

Badan Cepat Pegal Akibat Kebiasaan Begadang

Sering merasa pegal setelah begadang semalaman? Sepertinya kebiasaan yang satu ini sudah harus Anda tinggalkan demi menjaga kesehatan tubuh, terutama di bagian otot dan persendian. Pasalnya, begadang bisa menjadi salah satu penyebab badan pegal ketika bangun tidur. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama enam hingga delapan jam setiap malamnya agar sel dan jaringan tubuh dapat beregenerasi dengan baik. Selain itu, tidur yang cukup juga sangat berpengaruh pada kinerja otak agar tetap segar dan maksimal.

Melewatkan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Jangan sepelekan pemanasan, ya! Hal ini sangat penting dilakukan, bahkan para atlet profesional pun tidak akan melewatkannya. Tujuannya adalah untuk membantu melenturkan otot sehingga tidak kaget ketika digunakan untuk berolahraga. Tak hanya itu, risiko nyeri otot pun bisa diminimalisir. Harap diingat agar Anda tidak melakukan pemanasan dengan asal-asalan, ikuti panduan pemanasan dari pelatih atau video panduan berolahraga dan sesuaikan dengan jenis olahraga yang Anda lakukan. Tidak perlu waktu lama untuk pemanasan, namun yang penting lakukan dengan tepat setidaknya selama 5-10 menit sebeluh olahraga inti dilakukan.

Membungkuk Saat Duduk dan Berdiri

Sadarkah Anda bahwa duduk atau berdiri dengan posisi membungkuk dalam waktu yang cukup menjadi penyebab seseorang memiliki postur tubuh yang buruk? Hal ini bisa terjadi karena kita harus menahan beban tubuh dalam posisi yang tidak seharusnya. Kebiasaan ini tentu akan sangat berpengaruh buruk pada kelengkungan tulang belakang Anda. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka jangan heran jika Anda mengalami sakit punggung yang cukup mengganggu.

Oleh karena itu pastikan Anda duduk dalam posisi tegak dan meluangkan waktu di sela pekerjaan untuk melakukan peregangan, ya!

Langsung Duduk Setelah Berolahraga

Menurut penjelasan Liz Letchford, MS, ATC, selaku spesialis pencegahan cidera seperti yang dilansir dari laman online situs Kompas.com, langsung duduk santai setelah berolahraga ternyata bisa menyakiti otot dalam jangka waktu panjang. Beberapa keluhan yang mungkin muncul diantaranya ketidakseimbangan otot, keram, hingga kejang yang meski tidak langsung merasakan efeknya, namun nantinya otot tidak akan tumbuh dengan baik jika terus melakukan kebiasaan ini, salah satunya adalah sering merasa badan cepat pegal. Oleh karena itu, sebaiknya akhiri aktivitas olahraga berjalan santai sebagai pilihan gerakan pendinginan Anda.

Badan cepat pegal juga bisa terjadi karena kebiasaan Anda yang seringkali lupa untuk menghidrasi tubuh melalui air mineral setiap harinya, lho. Untuk itu, pastikan untuk minum air mineral delapan gelas setiap harinya untuk membantu mengganti cairan tubuh dan memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Saat pegal melanda, segera redakan dengan minum NEO rheumacyl Tablet yang bisa Anda dapatkan secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli,Lazada. Formula aktif Paracetamol dan Ibuprofen di dalamnya sudah teruji sejak lama mampu meredakan pegal linu yang muncul akibat aktivitas sehari-hari. Sangat cocok untuk dijadikan persediaan obat di rumah, nih!

Related Article

OTOT

Badan Pegal-pegal dan Lemas Saat WFH? Ini Cara Mengatasinya

Badan pegal-pegal dan lemas saat WFH? Seringkali dialami karena kurangnya aktivitas fisik selama di rumah, lalu, bagaimana mengatasinya? ...

Read More

OTOT

Inilah 3 Asupan Makanan yang Penting untuk Kesehatan Otot dan Sendi!

Selain dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan istirahat, pola hidup sehat lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ...

Read More

OTOT

Sering Nyeri Otot Bikin Parno? Atasi dengan Kebiasaan Sehat Berikut!

Keluhan nyeri otot seringkali dianggap sepele, padahal masalah ini sangat mengganggu, apalagi jika sering terjadi berulang kali. Wajar jika nyeri ...

Read More