Tanda Kram Otot Harus Diwaspadai

Tanda Kram Otot Harus Diwaspadai

24-October-2018
Share

Kram atau kejang otot sebenarnya cukup lazim terjadi. Walau tidak nyaman dan bahkan terasa menyakitkan, namun biasanya terjadi dalam waktu yang relatif singkat dan hilang sendiri begitu saja. Hanya saja, tidak semua kram bisa dianggap ‘biasa’. Beberapa karakteristik kram mungkin perlu Anda waspadai dan butuh penanganan khusus seperti penggunaan obat ataupun terapi khusus. Apa saja ciri-ciri yang perlu diwaspadai?

Kram + bengkak + kemerahan artinya...
Jika Anda kerap mengalami kram di tempat yang sama diiringi munculnya perubahan warna kulit kemerahan dan sedikit bengkak, bisa jadi ada penggumpalan darah di dalam tubuh. Hal ini mungkin tidak permanen, tetapi bisa saja menjadi gejala penyakit yang lebih serius. Misalnya saja penggumpalan darah yang dapat mengakibatkan stroke.

Kram pada jarak tempuh yang sama artinya...
Sering berolahraga lari? Atau melakukan latihan olahraga teratur? Namun anehnya Anda selalu mendapati kaki Anda kram pada saat mencapai jarak tempuh yang sama atau setelah durasi waktu olahraga yang sama. Maka Anda perlu waspada.  Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh bagian otot kaki yang melebar. Bagi orang yang pernah punya cedera di otot, otot bisa lebih melebar memenuhi ruang pada bagian kaki Anda.

Padahal, saat Anda berlari dalam kondisi normal, otot memerlukan ruang dan aliran darah yang cukup untuk mengembang. Sedangkan pada beberapa tubuh orang, terkadang otot tidak punya cukup ruang untuk mengembangkan dirinya. Dengan demikian, jumlah tekanan yang berlebihan terbentuk di daerah otot tertentu dan menghambat aliran darah hingga menyebabkan kerusakan jaringan yang parah.

Kram terlalu lama artinya...
Kram dalam waktu yang lama bisa jadi pertanda ada sesuatu yang buruk dalam tubuh. Misalnya seperti suplai darah yang tidak memadai ke anggota tubuh Anda akibat kolesterol tinggi, bisa juga akibat saraf terjepit di punggung atau arteri terjepit, yang  mana bisa ditandai dengan adanya kram atau kejang pada otot kaki.

Jika Anda mengalami tipe kram di atas, jangan diabaikan. Mminum NEO rheumacyl Neuro yang dapat meredakan 3K (kram, kebas dan kesemutan) disertai pegal. Dengan kandungan Ibuprofen, vitamin B1, B6 dan B12, NEO rheumacyl Neuro dapat meredakan nyeri otot, pegal, kram dan kesemutan serta menjaga kesehatan saraf.

Related Article

OTOT

Tips Trekking Aman, Nyaman, dan Bebas Pegal Linu Serta Nyeri Otot

Selama pandemi, trekking ke bukit, menikmati air terjun, atau sekadar menyusuri jalur pendakian ringan menjadi pilihan terbanyak untuk mengusir rasa ...

Read More

OTOT

Sering Diabaikan, Ternyata Mengonsumsi Makanan Ini Bisa Jadi Cara Mengatasi Pegal Linu

Seperti beberapa makanan berikut ini yang ternyata bisa Anda konsumsi untuk mengatasi pegal linu yang seringkali dirasakan akibat aktivitas yang ...

Read More

OTOT

Keluhan Pegal Linu, Nyeri Otot, dan Sendi Setelah Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang jarang berolahraga atau lupa mengawali aktivitas fisiknya dengan melakukan gerakan pemanasan. Berikut ini ...

Read More