blog 1

ARTIKEL

Berikut adalah beberapa penyebab umum dan tips untuk mengatasi nyeri pinggang setelah bersepeda:

Penyebab Pinggang Terasa Nyeri Setelah Bersepeda, Cari Tahu Di Sini!

Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati, namun tidak terlepas dari rasa nyeri pada pinggang yang muncul setelah bersepeda. Nyeri pinggang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan pemahaman mengenai penyebabnya dapat membantu Anda mengatasi dan mencegah ketidaknyamanan tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab umum dan tips untuk mengatasi nyeri pinggang setelah bersepeda:

 

1. Kurangnya Peregangan Sebelum dan Sesudah Bersepeda

Kurangnya peregangan sebelum dan sesudah bersepeda dapat menyebabkan kekakuan otot, termasuk pada daerah pinggang. Lakukan pemanasan ringan dan peregangan sebelum dan sesudah bersepeda untuk meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko nyeri.

 

2. Posisi yang Salah Saat Berkendara

Posisi tubuh yang tidak tepat saat bersepeda dapat menyebabkan tekanan ekstra pada pinggang. Pastikan sepeda Anda memiliki setelan yang sesuai dengan postur tubuh Anda. Penyesuaian tinggi dan sudut setang serta sadel dapat membantu mengurangi tekanan pada pinggang.

 

3. Sadel yang Tidak Sesuai

Sadel yang tidak nyaman atau tidak sesuai dengan bentuk tubuh Anda dapat menjadi penyebab nyeri pinggang. Pilihlah sadel yang sesuai dengan bentuk anatomi tubuh Anda dan sesuaikan tinggi serta kemiringannya agar memberikan dukungan yang optimal.

 

4. Kondisi Fisik dan Kekuatan Core Kurang Terlatih

Kurang terlatihnya kondisi fisik secara umum dan kekuatan pada otot inti (core muscles) dapat mempengaruhi postur tubuh saat bersepeda. Latihan kekuatan otot inti dan fisik secara rutin dapat membantu meningkatkan stabilitas dan mengurangi tekanan pada pinggang.

 

5. Jarak Bersepedayang Terlalu Jauh atau Terlalu Lama

Mengendarai sepeda dalam jarak yang terlalu jauh atau terlalu lama tanpa istirahat dapat meningkatkan risiko nyeri pada pinggang. Bagi pemula, mulailah dengan jarak yang lebih pendek dan tingkatkan secara bertahap seiring waktu.

 

6. Jalanan yang Tidak Rata

Berkendara di jalanan yang tidak rata atau kasar dapat meningkatkan goncangan dan tekanan pada pinggang. Pilihlah rute yang lebih halus atau tambahkan suspensi pada sepeda Anda untuk mengurangi dampak guncangan dari jalan yang tidak rata.

 

Untuk mengatasi nyeri pinggang setelah bersepeda, penting untuk memahami penyebabnya dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai. Lakukan penyesuaian pada sepeda, perhatikan postur tubuh, dan pastikan untuk melakukan pemanasan dan peregangan secara cukup sebelum dan setelah bersepeda. Jangan lupa selalu sedia NEO rheumacyl Hot Cream, Panasnya Extra, Cepat Meresap, untuk meredakan pegal pegal nyeri sendi, nyeri otot, nyeri akibat encok, keseleo, bengkak akibat kelelahan saat bersepeda. Jika nyeri tetap berlanjut, konsultasikan dengan dokter atau ahli fisioterapi untuk penanganan lebih lanjut.

SHARE ON :