blog 1

ARTIKEL

Badan pegal-pegal dan lemas saat WFH? Seringkali dialami karena kurangnya aktivitas fisik selama di rumah, lalu, bagaimana mengatasinya?

Badan Pegal-pegal dan Lemas Saat WFH? Ini Cara Mengatasinya

Badan pegal-pegal dan lemas saat WFH seringkali dialami karena kurangnya aktivitas fisik selama di rumah. Pasalnya, kita akan menghabiskan waktu lebih banyak dengan duduk di depan komputer dan bekerja bahkan hingga larut malam. Tak heran jika pada akhirnya badan terasa pegal dan juga lemas saat bangun di keesokan paginya. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Mengatur Jam Kerja

Badan pegal-pegal dan lemas saat WFH bias diatasi dengan cara mengatur jam kerja di rumah layaknya di kantor. Jangan sampai lamanya waktu bekerja di rumah menjadi lebih lama (hingga membuat begadang) daripada di kantor. Luangkan juga waktu istirahat di siang hari untuk berolahraga dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi harian. 

Tidak Melewatkan Sarapan

Langkah selanjutnya adalah dengan tidak melewatkan sarapan. Pasalnya, sarapan merupakan pondasi setiap orang agar dapat melakukan aktivitas hariannya dengan lebih semangat dan berstamina. Tak perlu makanan berat, untuk sarapan Anda bisa menyantap beberapa makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, roti, susu, oatmeal sebagai sumber tenaga. Dengan begini, badan menjadi tidak mudah pegal dan tubuh pun tetap bertenaga. 

Saat jam makan siang tiba, pastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan karbohidrat dan juga mineral penting lainnya yang bisa didapatkan dari nasi, lauk, dan juga sayuran dengan porsi yang cukup. Konsumsi karbohidrat yang berlebihan hanya akan membuat Anda merasa lelah dan lebih mudah mengantuk. So, pastikan porsinya sesuai, ya!

Baca Juga: Inilah 3 Asupan Makanan yang Penting untuk Kesehatan Otot dan Sendi!

Memperbaiki Posisi Duduk

Badan pegal juga bisa timbul akibat posisi duduk yang kurang baik saat bekerja di rumah, mulai dari terlalu membungkuk, bekerja sambil tiduran di kasur, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasinya, segera ubah kebiasaan ini dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Mengatur ketinggian kursi dan mulai membiasakan diri untuk duduk tegak saat bekerja. Ingat, jangan bekerja di atas kasur, ya!
  • Tak melulu harus menatap layar komputer atau laptop dengan duduk di kursi, sesekali Anda juga bisa mencoba bekerja sambil berdiri dengan memanfaatkan standing table yang tersedia di kantor. Posisi inilah yang akan membantu punggung agar tidak membungkuk dalam waktu yang lama.
  • Lakukan gerakan peregangan seperti duduk di kursi, kaki tetap berpijak di lantai, kemudian putar badan ke bagian belakang (kedua sisi kanan dan kiri) dan tahan selama 10 detik. Lakukan sebanyak tiga kali masing-masing sisi, ya. 
  • Duduk di kursi, mengaitkan jari kedua tangan dan menariknya ke atas, tahan selama 10 detik dan rasakan peregangan yang terjadi. Tak hanya bermanfaat untuk punggung, gerakan ini juga bisa meregangkan otot pundak Anda.

Baca Juga: Postur Duduk ini Ternyata Bikin Nyeri Punggung

Hindari Begadang

Selain posisi duduk yang bisa membuat ada terasa pegal, begadang demi menyelesaikan pekerjaan juga bisa membuat Anda terbangun dengan badan yang tidak segar dan berujung lemas seharian penuh. Untuk itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan istirahat selama enam hingga delapan jam setiap malamnya, ya. Tak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan, karena masih ada hari esok di mana Anda bisa kembali melanjutkan aktivitas.

Mengoleskan Krim Pereda Pegal Linu

Langkah efektif selanjutnya untuk mengatasi badan pegal-pegal adalah dengan mengoleskan krim pereda pegal linu yang dirasakan beberapa bagian tubuh, mulai dari pundak, punggung, pinggang, hingga lengan yang terasa pegal.

Baca Juga: Apakah Pegal Linu Sama Halnya dengan Radang Sendi? Bagaimana Mengatasinya?

SHARE ON :