blog 1

ARTIKEL

Sering merasa badang gampang pegal? Ternyata salah satu penyebabnya adalah otot inti yang lemah dan jarang dilatih. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah 4 gerakan untuk untuk melatih bagian otot inti berikut!

Badan Gampang Pegal? Coba 4 Gerakan untuk Latih Bagian Otot Inti!

Sering merasa badang gampang pegal? Ternyata salah satu penyebabnya adalah otot inti yang lemah dan jarang dilatih. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah 4 gerakan untuk untuk melatih bagian otot inti berikut!

Apa itu otot inti?

Dilansir dari Hello Sehat, otot inti merupakan serangkaian otot kompleks yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot pada bagian sekitar panggul. Otot inti berperan menstabilkan dan melindungi tulang belakang dan tergabung dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia.

Sebagai penghubung utama antara tubuh bagian atas dan bawah, otot ini saat berperan saat Anda melakukan berbagai gerakan sehari-hari. Misalnya saat Anda mengepel lantai, memukul bola, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, melatih otot inti sangat penting untuk memudahkan aktivitas Anda. Otot inti yang lemah bisa menyebabkan kelelahan, ketahanan tubuh berkurang, dan rentan cedera.

Baca Juga : Penyebab Nyeri Otot Paha dan Cara Mengatasinya

Marta Purdy seorang fisioterapis dan instruktur pilates dari Halifax Health Centre seperti dikutip dari Best Health Magazine menyarankan untuk membangun stabilitas otot inti terlebih dulu, barulah dilanjutkan dengan memantapkan kekuatan intinya. Apabila Anda memiliki otot inti yang kuat, hal ini bisa menstabilkan koordinasi tubuh Anda dan bekerja seperti penahan benturan alami untuk sendi. Sehingga bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat cedera, mencegah jatuh, dan cidera ataupun kegiatan fisik lainnya.

Setelah mengetahui pentingnya melatih otot inti, Anda bisa melakukan 4 gerakan berikut!

Sit up
Posisi awal di permukaan lantai dengan lutut ditekuk, tumit menyentuh lantai, tangan berada di kedua sisi kepala Anda. Mulai angkat tubuh bagian atas Anda hingga kepala hampir menyentuh lutut, kemudian turunkan kembali hingga kembali menempel permukaan lantai. Ulangi gerakan tersebut selama 5 menit dengan jeda istirahat 20 detik setiap 1 menit.

High-tension plank
Mulai dalam posisi merangkak di lantai. Gunakan lengan bawah Anda sebagai tumpuan depan, sementara ujung jari kaki sebagai tumpuan belakang. Angkat tubuh ke atas untuk beralih ke posisi plank. Pastikan kondisi badan lurus, mulai dari ujung kepala hingga kaki. Lakukan gerakan ini selama 10 detik dan ulangi sebanyak tiga putaran.

Bird-dog crunch
Berdiri dengan kedua kaki terpisah selebar pinggul Anda, lalu posisikan kedua telapak tangan berada di belakang kepala. Secara bersamaan, angkat kaki kanan dan turunkan siku kiri sehingga Anda membawa lutut kanan menyentuh siku kiri satu sama lain.Lakukan gerakan secara perlahan, pastikan kondisi kaki lainnya tetap lurus sambil mengencangkan otot inti Anda. Perlahan kembali ke posisi awal, kemudian ulangi pada sisi yang berlawanan. Lakukan gerakan ini pada masing-masing sisi secara bergantian.

Spider plank crunch
Mulai dalam posisi half plank dengan bagian lengan bawah menapak dan bahu tegak lurus dengan permukaan tanah. Posisikan kaki lurus ke belakang dengan bertumpu pada jari-jari kaki, sehingga tubuh Anda dalam garis lurus. Angkat kaki kanan dan bawa lutut Anda ke arah luar siku kanan, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan yang sama dengan sisi kaki yang lain. Lakukan lima repetisi dengan masing-masing kaki. 

Agar mendapatkan manfaat optimal, Anda perlu melakukan latihan otot inti secara konsisten. Wajar jika di awal Latihan otot akan terasa pegal dan nyeri, tetapi jangan berhenti. Hal ini akan membaik seiring menguatnya otot inti Anda. Untuk meredakan nyeri, Anda bisa Anda bisa mengoleskan NEO rheumacyl Otot dan Sendi Cream Tube Varian HOT atau Hangat. Membantu redakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Panasnya pas, cepat meresap dan tidak lengket.

 

neo-rheumacyl-otot-dan-sendi-cream-tube-varian-hangat

 

neo-rheumacyl-otot-dan-sendi-cream-tube-varian-hot

SHARE ON :