Pegal Linu Tangan dan Kaki Melanda Saat Bekerja di rumah? Beberapa Tips Ini Bantu Meredakannya

Pegal Linu Tangan dan Kaki Melanda Saat Bekerja di rumah? Beberapa Tips Ini Bantu Meredakannya

29-March-2021
Share

Selama pandemi, apakah Anda lebih sering mengalami pegal linu tangan dan kaki selama bekerja dari rumah? Jika iya, hal ini tentu menjadi hal yang wajar terjadi, karena tanpa disadari beban pekerjaan akan dua kali lebih berat dari biasanya. Dalam situasi seperti inilah Anda harus bisa menyelesaikan pekerjaan kantor dan juga urusan rumah tangga dalan waktu yang bersamaan. Tak heran jika pada akhirnya tangan dan kaki menjadi korbannya. Lalu, bagaimana cara meredakan pegal linu yang muncul?

Penyebab Pegal Linu Tangan dan Kaki

Permasalahan pertama yang akan muncul adalah pegal linu dan nyeri pada tangan, khususnya bagian jari yang seringkali disebut dengan keluhan Trigger Finger yang memengaruhi kondisi jaringan di sekitar jari tangan yang disebut tendon yang menghubungkan otot kerangka. Saat tendon mengalami peradangan, jari tangan menjadi kaku atau terkunci. Meski masih belum diketahui dengan jelas penyebab utamanya, namun beberapa faktor berikut ini bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalaminya, seperti:

  • Melakukan aktivitas yang melibatkan kerja otot jari tangan secara berulang, seperti mengetik di komputer atau handphone.
  • Menggenggam benda terlalu kuat dalam waktu yang lama, contohnya saat memeras baju atau mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.
  • Pernah mengalami cidera pada bagian telapak tangan atau pangkal jari
  • Memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, asam urat, dan rheumatoid arthritis

Untuk mengatasi pegal linu pada tangan umumnya dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Mengistirahatkan jari tangan dari kegiatan yang dilakukan berulang untuk mengurangi peradangan pada tendon.  
  • Mengompres menggunakan air dingin. Tujuannya adalah memberikan rasa nyaman melalui sensasi dingin yang muncul, mencegah peradangan otot, dan juga meredakan benjolan yang mungkin muncul di pangkal jari.

Selain tangan, kaki juga rentan terserang pegal linu akibat aktivitas yang berulang saat bekerja di rumah, seperti berjalan kaki, berdiri terlalu lama, atau setelah berolahraga. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Merendam kaki dalam air hangat yang dicampurkan garam. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa pegal linu dan juga mencegah pembengkakan.
  • Melakukan gerakan peregangan jari kaki dan juga bagian tumit. Misalnya adalah dengan melakukan latihan jari kaki, yaitu dengan menekuk jari kaki dan melepaskannya kembali yang dilakukan beberapa kali hingga pegal mereda.
  • Memijat bagian kaki secara perlahan.
  • Mengompres menggunakan air es untuk mencegah peradangan dan membuat otot kembali rileks.

Selain dengan melakukan beberapa cara untuk mengatasi pegal linu tangan dan kaki di atas, Anda juga bisa meredakan keluhan pegal linu dengan minum obat pereda pegal linu dan nyeri sendi, seperti NEO rheumacyl Oralinu, terutama di bagian tangan dan kaki. Kandungan bahan alami dari tanaman herbal seperti esktrak jahe, kunyit, dan ginseng di dalam NEO rheumacyl Oralinu tidak hanya efektif mencegah nyeri sendi dan pegal linu, tetapi juga berkhasiat untuk menjaga kondisi tubuh akibat kecapekan beraktivitas.

Dapatkan produknya di e-commerce kesayangan Anda seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, JDID dan Gogobli. Untuk info selengkapnya, kunjungi official account Instagram, Facebook, dan Youtube NEO rheumacyl sekarang juga.

Source: Halodoc

Related Article

SENDI

Ragam Obat Herbal Pegal Linu dan Cara Mengonsumsinya

Hadirnya berbagai jenis obat herbal pegal linu tentunya sangat mempermudah kita saat membutuhkan pertolongan pertama ketika badan terasa pegal akibat ...

Read More

SENDI

Kelelahan Akibat Bekerja di Rumah Berujung Pegal Linu? Intip Cara Mengatasinya Berikut Ini

Bekerja di rumah selama pandemi justru membuat Anda sering pegal linu? tak perlu bingung, beberapa cara berikut ini bisa bantu ...

Read More

SENDI

Cara Mengobati Persendian Lutut untuk Anda yang Sering Naik Turun Tangga

Tak melulu dialami oleh lanjut usia, sakit lutut juga banyak dialami oleh mereka yang masih berada di usia muda, salah ...

Read More