blog 1

ARTIKEL

Untuk mengatasi dan menjaga kesehatan otot Anda pasca-marathon, berikut beberapa langkah yang bisa diambil:

Kaki Terasa Ngilu dan Pegal Setelah Marathon: Cara Mengatasi dan Menjaga Kesehatan Otot

Marathon adalah sebuah pencapaian luar biasa yang memerlukan persiapan fisik maupun tekad yang kuat. Setelah melewati garis finish, perasaan bangga dan euforia bisa dirasakan, namun tidak jarang diikuti oleh sensasi kaki yang terasa ngilu dan pegal. Gejala ini umumnya disebabkan oleh tekanan berlebihan pada otot dan persendian selama lari jarak jauh. Untuk mengatasi dan menjaga kesehatan otot Anda pasca-marathon, berikut beberapa langkah yang bisa diambil:

 

  1. Istirahat yang Cukup

Setelah menyelesaikan marathon, memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh Anda sangat penting. Otot dan persendian memerlukan waktu untuk pulih dan memperbaiki diri. Berikan tubuh Anda waktu untuk beristirahat dan pulih sepenuhnya sebelum kembali ke aktivitas fisik yang intens.

 

  1. Pemanasan dan Pendinginan yang Efektif

Sebelum dan setelah berlari, lakukan pemanasan dan pendinginan secara menyeluruh. Pemanasan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan persiapan otot, sedangkan pendinginan membantu mencegah kekakuan otot dan mempercepat proses pemulihan. Lakukan senam ringan dan peregangan khususnya pada bagian kaki untuk mencegah kekakuan dan meredakan rasa ngilu. Peregangan dapat dilakukan secara perlahan dan lembut, tanpa memaksakan diri.

 

  1. Kompres Dingin dan Panas

Penggunaan kompres dingin atau panas dapat membantu mengurangi rasa ngilu dan pegal pada kaki. Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan, sementara kompres panas dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan otot. Lakukan secara bergantian beberapa kali, hingga bagian yang pegal terasa membaik.

 

  1. Pijat dan Terapi Otot

Pijatan dan terapi otot dapat membantu meningkatkan peredaran darah, mengurangi ketegangan otot, dan mempercepat pemulihan. Konsultasikan dengan ahli pijat atau terapis fisioterapi untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

  1. Konsumsi Nutrisi yang Tepat

Pastikan Anda mengonsumsi nutrisi yang cukup setelah marathon. Protein, karbohidrat, dan vitamin serta mineral penting untuk membantu memperbaiki dan memulihkan otot yang lelah. Mengonsumsi air juga sangat penting untuk menjaga kecukupan kadar air dalam tubuh.

 

  1. Konsultasikan dengan Ahli Kesehatan

Jika rasa ngilu dan pegal berlanjut atau semakin parah, segera konsultasikan dengan ahli kesehatan. Mereka dapat memberikan penanganan yang sesuai dan memastikan tidak ada cedera serius yang perlu diatasi.

 

Dengan mengambil langkah-langkah tersebut, Anda dapat merayakan pencapaian marathon Anda tanpa harus merasakan ketidaknyamanan yang berlebihan pada kaki. Saat marathon, Anda juga perlu membawa krim pereda nyeri sebagai pertolongan pertama apabila terjadi ngilu dan pegal. Gunakan NEO rheumacyl Anti Inflammation IBP Cream, gel anti radang yang dapat meredakan nyeri dan inflamasi akibat keseleo maupun cedera olahraga.

SHARE ON :