Keluhan Pegal Linu, Nyeri Otot, dan Sendi Setelah Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Keluhan Pegal Linu, Nyeri Otot, dan Sendi Setelah Berolahraga dan Cara Mengatasinya

21-December-2020
Share

Beberapa keluhan seperti pegal linu dan nyeri sendi tentunya seringkali muncul setelah berolahraga. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang jarang berolahraga atau lupa mengawali aktivitas fisiknya dengan melakukan gerakan pemanasan. Berikut ini beberapa keluhan yang seringkali muncul setelah berolahraga dan cara mengatasinya yang bisa Anda simak.

Betis “Ketarik”

Nyeri betis atau yang lebih dikenal dengan sebutan “betis ketarik” seringkali muncul secara tiba-tiba. Biasanya orang yang mengalami hal ini akan merasakan rasa sakit yang luar biasa di daerah betis dan belakang pahanya. Rasa sakit seperti otot yang tertarik ini terjadi karena kelenturan otot yang kurang baik akibat aktivitas yang berlebihan. Jika Anda mengalami keluhan ini, maka lakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya:

  • Menghentikan aktivitas dan segera istirahatkan tubuh terutama bagian kaki dengan cara mengangkatnya lebih tinggi dari jantung.
  • Mengompresnya dengan es batu untuk mencegah terjadinya pembengkakan.
  • Tidak melakukan gerakan tiba-tiba dan melibatkan lompatan di kesempatan lainnya, karena bisa kembali memicu timbulnya betis ketarik.

Paha Pegal Linu

Keluhan yang satu ini biasanya terjadi akibat melakukan beberapa jenis olahraga seperti lari jarak jauh atau olahraga kardio setelah sekian lama tidak melakukannya. Rasa pegal linu akan muncul keesokan harinya dan membuat aktivitas menjadi sangat terbatas. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk melakukan gerakan peregangan, mengompresnya menggunakan air dingin atau es, dan juga minum obat pereda pegal linu seperti NEO rheumacyl Oralinu yang mengandung bahan alami seperti jahe, ginseng, madu, kunyit, dan juga ekstrak bahan herbal lain yang kaya akan antioksidan dan bisa mencegah pembengkakan serta pegal linu akibat aktivitas yang terlalu berat.

Lutut Sakit

Sering merasa sakit pada bagian lutut setelah berolahraga? Bisa dibilang bahwa keluhan yang satu ini wajar terjadi, terutama jika Anda berolahraga lebih intens dari biasanya, melakukan gerakan yang tiba-tiba seperti melompat, atau berbenturan dengan benda keras saat beraktivitas. Hal inilah yang menyebabkan otot di lutut menegang dan akhirnya tertarik, sehingga menyebabkan pegal linu serta terasa sakit saat digerakkan. Sama halnya dengan beberapa keluhan sebelumnya, cara paling cepat dan tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pegal linu dan nyeri ini adalah dengan mengompres menggunakan air es dan mengistirahatkannya dari aktivitas yang cukup berat.

Nah, agar aktivitas fisik Anda semakin aman dan nyaman, tak ada salahnya untuk selalu membawa NEO rheumacyl Oralinu terutama saat berolahraga, sehingga bisa segera meredakan pegal linu saat Anda merasakannya. Di masa pandemi seperti sekarang ini, Anda tak perlu repot lagi karena bisa membelinya di Alfamart dan bisa juga mendapatkannya secara cepat, aman, dan praktis secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, JDID dan Gogobli. Tak hanya dengan meminumnya secara langsung, Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam teh hangat atau air hangat yang dicampur madu, sehingga rasanya akan lebih nikmat dan bisa memberikan hasil yang lebih maksimal. Minum  NEO rheumacyl Oralinu setiap hari, bantu Anda terbebas dari pegal linu sepanjang hari.

Related Article

OTOT

Tips Trekking Aman, Nyaman, dan Bebas Pegal Linu Serta Nyeri Otot

Selama pandemi, trekking ke bukit, menikmati air terjun, atau sekadar menyusuri jalur pendakian ringan menjadi pilihan terbanyak untuk mengusir rasa ...

Read More

OTOT

Sering Diabaikan, Ternyata Mengonsumsi Makanan Ini Bisa Jadi Cara Mengatasi Pegal Linu

Seperti beberapa makanan berikut ini yang ternyata bisa Anda konsumsi untuk mengatasi pegal linu yang seringkali dirasakan akibat aktivitas yang ...

Read More

OTOT

Jangan Anggap Sepele, Ini Akibatnya Jika Keluhan Pegal Linu Tak Segera Diatasi

Dalam dunia kesehatan, pegal linu diartikan sebagai salah kondisi nyeri otot yang disebabkan oleh aktivitas yang terlalu berat, kurangnya kalsium ...

Read More