blog 1

ARTIKEL

Penyebab kaki kram dan kesemutan berikut ini jarang kita sadari, lho. Aoakah itu? Yuk, simak ulasannya!

Penyebab Kaki Sering Kram dan Kesemutan yang Jarang Anda Sadari

Kurangnya melakukan aktivitas tubuh atau melakukan olahraga yang berlebihan seringkali dipercaya sebagai penyebab kaki sering kram dan kesemutan yang kita alami. Namun, tahukah Anda bahwa ada hal lain yang juga bisa menyebabkan kaki kesemutan yang jarang kita sadari, lho. Apakah itu?

Apa itu Kram dan Kesemutan?

Kesemutan sendiri merupakan kondisi di mana saraf-saraf tubuh tertekan akibat terlalu lama melakukan posisi tertentu, misalnya duduk bersila atau bersimpuh. Meski kondisi ini merupakan gejala ringan dan sifatnya sementara, namun tak jarang juga yang seringkali merasakan gejala yang lebih berat, berulang, dan berlangsung lama. Bahkan, ada juga beberapa gejala yang menyertai, seperti nyeri, kebas, otot yang melemah dan berkembang menjadi gejala kerusakan saraf yang dikenal sebagai neuropatiperifer yang sering menyerang bagian tangan dan kaki.

Penyebab Kaki Kram dan Kesemutan yang Jarang Disadari

Biasanya, kram dan kesemutan yang terjadi sebagai gejala kerusakan saraf ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi bakteri atau virus, penyakit sistemik seperti diabetes, dan yang jarang sekali kita sadari adalah kekurangan vitamin neurotropik.

Baca Juga: Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Apa Itu Vitamin Neurotropik?

Vitamin neutropik mengandung vitamin B

Vitamin neurotropik merupakan jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagian saraf yang menggerakkan kinerja tubuh dan otak. Vitamin ini terdiri dari:

  • Vitamin B1 (tiamin) yang berperan menyediakan energi bagi sistem saraf.
  • Vitamin B6 (piridoksin) yang berperan dalam menjaga perkembangan otak, menjaga kesehatan sistem saraf dan imun manusia.
  • Vitamin B12 (kobalamin) dibutuhkan untuk produksi myelin, yaitu selubung yang berfungsi untuk melindungi saraf kita.

Ketiga vitamin inilah yang mendukung kerja dan membantu menjaga kesehatan saraf manusia dan jika mengalami kekurangan kandungan vitamin ini, maka kesehatan saraf kita juga akan terganggu dengan munculnya gejala ringan seperti kesemutan pada tangan dan kaki yang jika tidak segera diatasi bisa menjadi lebih parah.

Baca Juga: Kaki Kram Saat Tidur dan Berolahraga? Vitamin Neurotropik Solusinya!

Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin Neurotropik?

Kekurangan vitamin neurotropik sebagai penyebab kaki sering kram dan kesemutan bisa diatasi dengan cara melakukan beberapa cara berikut ini.
mengonsmsi makanan sehat dan bergizi yang merupakan sumber vitamin B dan turunannya, seperti ikan, daging, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Minum suplemen tambahan yang mengandung vitamin neurotropik yang juga mengandung analgesic (ibuprofen) sebagai pereda nyeri otot berkat kandungan Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf.

Jika kebetulan Anda memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, pastikan juga untuk mengonsultasikan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat, ya

SHARE ON :