Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

16-November-2020
Share

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki. Kesemutan biasanya terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk kaki tanpa mengganti posisi. Hal ini menyebabkan terganggunya sistem saraf sensorik yang kemudian menyebabkan salah satu organ tubuh seperti mati rasa. Dalam istilah medis kesemutan dikenal sebagai parestesia. Namun bukan hanya itu saja, ada banyak faktor yang menyebabkan kaki Anda sering mengalami kesemutan. Namun karena kurangnya pengetahuan, penyebab kaki terasa kram dan kesemutan ini seringkali dibiarkan. Apakah Anda sudah tahu apa saja penyebabnya? Simak penjelasan berikut.

Suplai darah terhambat

Penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki Anda dapat menimbulkan nyeri, misalnya kram di kaki saat Anda sedang berolahraga. Kram ini biasanya dapat hilang dengan cepat setelah Anda mengistirahatkannya. Duduklah di bangku yang tingginya disesuaikan dengan tubuuh Anda pastikan kaki bisa menapak di lantai dan berada dala posisi lurus (tidak tertekuk).

Cedera

Mengalami cedera atau menggunakan otot secara berlebihan juga bisa menyebabkan kram kaki. Terlalu lama duduk, berdiri terlalu lama di atas permukaan yang keras, atau meletakkan kaki pada posisi yang tidak nyaman selama tidur juga dapat membuat otot kaki menegang atau kram. Kurang pemanasan sebelum berolahraga juga sering menyebabkan kaki kram.

Kekurangan mineral

Kekurangan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium, dapat menyebabkan kaki kram. Perbanyak konsumsi alpukat, semangka, tomat, air kelapa, susu, dan yogurt untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh.

Dehidrasi

Dehidrasi, yaitu kondisi di mana tubuh kekurangan cairan, juga bisa memicu kram kaki. Dehidrasi berat dapat menyebabkan gangguan elektrolit yang kemudian menyebabkan kaki kram.

Kini, Anda sudah tahu berbagai penyebab kaki kram dan kesemutan. Sebaiknya jangan anggap remeh dan mengabaikan faktor-faktor tersebut. Penuhi kebutuhan vitamin B1, B6, dan B12 yang baik untuk menjaga kesehatan saraf sekaligus mengatasi kram dan kesemutan dengan mengonsumsi NEO rheumacyl Neuro yang juga mengandung analgesic (ibuprofen) sebagai pereda nyeri. Jika dalam 5 hari pemakaian, kondisi tidak membaik maka dianjurkan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.Dapatkan produknya di Tempo Store Official melalui e-commerce kesayangan seperti ShopeeTokopediaBlibli & Lazada sekarang juga!

Related Article

SARAF OTOT

Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. ...

Read More

SARAF OTOT

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

Jari tangan yang terasakram,kebas, dam kesemutan seringkali muncul secara tiba-tiba dan menghilang begitu saja tanpa Anda ketahui penyebabnya. ...

Read More

SARAF OTOT

Mengenal Carpal Tunel Syndrom, Penyakit yang Ditandai dengan Nyeri, Kebas, dan Kesemutan Pada Jari Tangan

Pernah atau bahkan sering mengalami nyeri, kebas, dan kesemutan di sekitar pergelangan tangan hingga jari-jari tangan. Hati-hati, bisa jadi itu ...

Read More