blog 1

ARTIKEL

timbul nyeri otot, terutama di bagian paha setelah bersepeda. Jika Anda termasuk salah satu yang mengalaminya, berikut ini beberapa cara mengatasi rasa nyeri otot paha yang bisa Anda coba dengan mudah.

Nyeri Otot Paha Setelah Bersepeda Jarak Jauh? Atasi Dengan Cara Berikut!

Selain lari, bersepeda jarak jauh menjadi salah satu tren olahraga yang banyak digemari belakangan ini. Meski sangat menyenangkan, namun tak jarang juga jarak yang cukup jauh, cuaca panas, hingga jalur yang menantang membuat tubuh menjadi mudah lemas dan juga timbul nyeri otot, terutama di bagian paha setelah bersepeda. Jika Anda termasuk salah satu yang mengalaminya, berikut ini beberapa cara mengatasi rasa nyeri otot paha yang bisa Anda coba dengan mudah.

Mengistirahatkan kaki yang terasa nyeri

Cara mengobati persendian lutut yang sakit adalah dengan mengistirahatkan kaki selama beberapa waktu. Yup, ini tandanya Anda harus istirahat sejenak dari aktivitas bersepeda yang biasanya rutin dilakukan. Alih-alih bersepeda, Anda tetap dapat mencoba aktivitas fisik lainnya, seperti jalan kaki selama 30 menit setiap harinya agar otot paha kembali rileks.

Mengompresnya dengan es

Anda juga bisa mengompres otot paha yang terasa nyeri menggunakan es batu yang dibungkus handuk atau kain bersih. Letakkan kompresan di bagian yang terasa nyeri dengan sedikit tekanan, sensasi dingin inilah yang bisa memberikan rasa nyaman dan mengurangi pembengkakan di bagian paha. Lakukan cara ini secara rutin hingga rasa nyerinya mulai menghilang.

  

Melakukan gerakan peregangan

Anda juga bisa mengurangi nyeri otot paha dengan mengambil posisi berdiri tegak (kedua kaki dalam kondisi berdiri sejajar tidak menekuk) dan lakukan gerakan peregangan berikut ini.

  1. Naik anak tangga, Anda bisa memanfaatkan anak tangga atau lantai yang lebih tinggi untuk dinaiki secara bergantian antara kaki kanan dan kiri. Lakukan secara perlahan agar nyeri otot paha tidak semakin parah, ya.
  2. Berdiri menggunakan tumit (berjinjit), caranya adalah dengan berdiri sambil membuka kedua kaki selebar bahu, kemudian mengangkat tumit sehingga Anda berdiri di atas jari kaki sebagai tumpuannya. Tahan selama 10 detik, turunkan tumit, dan lakukan secara berulang. 
  3. Setengah squat, caranya hampir sama dengan squat pada umumnya yaitu berdiri sambil membuka kedua kaki selebar pinggul dengan jari kaki menghadap ke depan. Namun, pada setengah squat ini Anda cukup menurunkannya sebatas pinggul saja sambil mengencangkan otot perut. Lakukan selama 10 kali secara perlahan untuk membantu menguatkan otot paha dan lutut.

Memberikan pijatan ringan

Percepat juga proses pemulihan nyeri otot paha dengan memberikan pijatan ringan di bagian yang terasa nyeri. Simak caranya berikut ini.

  1. Duduk sambil meluruskan kedua kaki, kemudian mengepalkan kedua tangan dan memukul perlahan paha bagian atas, tengah, dan bawah sebanyak 10 kali.
  2. Lanjutkan dengan meletakkan kedua telapak tangan di atas paha, lakukan gerakan memijat di bagian paha dan lutut kemudian kembali lagi ke paha dengan memberikan sedikit tekanan saat memijat.

Lakukan beberapa gerakan di atas secara rutin hingga nyerinya mereda, terutama saat otot paha sedang terasa sakit.

Mengoleskan krim pereda nyeri otot

Saat memberikan pijatan pada paha yang terasa nyeri, Anda juga bisa memanfaatkan krim pereda nyeri otot seperti NEO rheumacyl Eucalyptus Cream. Kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) di dalamnya ampuh meredakan nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang. Ingin sensasi hangat yang lebih ekstra? Coba oleskan NEO rheumacyl Extra Hot Cream untuk mengatasi nyeri otot yang lebih efektif, sehingga Anda bisa kembali bersepeda dengan lebih nyaman dalam waktu dekat.

Artikel Lainnya: Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Mengoleskan Krim Pereda Nyeri Sendi

SHARE ON :