blog 1

ARTIKEL

Anda sering merasa kesemutan di punggung sebelah kiri dan disertai rasa panas saat tidur? Waspadai kondisi kesehatan Anda

Merasa Kesemutan di Punggung Sebelah Kiri Saat Tidur, Kenapa Ya?

Anda sering merasa kesemutan di punggung sebelah kiri dan disertai rasa panas saat tidur? Bahkan, kadang juga disertai dengan rasa kebas dan terjadi untuk aktu yang cukup lama. Jika iya, keluhan ini bisa jadi menandakan bahwa ada kondisi kesehatan yang harus Anda waspadai. Apa saja, ya?

Asam Lambung Naik

Kesemutan di punggung sebelah kiri yang disertai rasa panas merupakan salah satu gejala yang muncul ketika asam lambung masuk kembali ke kerongkongan. Biasanya, hal ini terjadi akibat seseorang makan makanan yang sangat asam atau. Jika tak segera diatasi, sensasi panas akan semakin parah dan menjalar hingga punggung bagian atas (heartburn). Pastikan untuk langsung mengonsultasikannya pada dokter ya, baik secara langsung maupun dengan cara telemedicine untuk mendapatkan penanganan yang cepat selama pandemi.

Nyeri Saraf

Kemungkinan kedua adalah adanya nyeri saraf yang juga diikuti sensasi terbakar, kesemutan, linu, dan juga merasakan sensasi sengatan listrik secara tiba-tiba di bagian punggung. Keluhan ini muncul karena ada bagian saraf yang terluka atau tertekan, misalnya akibat posisi tidur miring terlalu lama atau kekurangan vitamin neurotropik dalam tubuh. Meski bisa dialami oleh siapa saja, namun paling rentan dialami oleh orang yang memiliki penyakit diabetes sebagai komplikasi yang disebut neuropati diabetik, yaitu kondisi di mana seseorang memiliki kadar gula darah dan trigliserida yang terlalu tinggi sehingga dapat merusak saraf seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Redakan Nyeri Saraf Otot, Kesemutan, dan Kram

Saraf Kejepit

Dikenal juga dalam dunia medis sebagai pinched nerve, sebuah kondisi dimana saraf tertekan oleh bagian sekitarnya. Ketika Anda mengalami kondisi saraf terjepit, tubuh Anda akan mengalami rasa nyeri, kram, kebas, atau kesemutan yang bila dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan syaraf secara permanen.

Neuropatiperifer

Jika Anda mengalami kesemutan di punggung sebelah kiri dan beberapa bagian tubuh lain serta muncul beberapa gejala seperti nyeri, kebas, dan otot yang melemah, maka ada kemungkinan juga Anda mengalami gejala kerusakan saraf yang dikenal sebagai neuropatiperifer yang sering menyerang bagian tangan dan kaki. Jika sudah begini, segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui langkah apa yang harus Anda lakukan.

Untuk mencegah kesemutan di punggung sebelah kiri dan bagian tubuh lainnya menjadi semakin parah, lakukan pola hidup sehat dengan aktif bergerak dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang mengandung vitamin neurotropik (vitamin B dan turunannya), seperti sayuran hijau, kuning telur, ikan, daging, dan juga kacang-kacangan untuk menjaga kesehatan saraf tubuh. Selain makanan, Anda juga bisa mengatasi kesemutan dan nyeri yang muncul dengan suplemen yang mengandung analgesic (ibuprofen) sebagai pereda nyeri dan kandungan Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf.

Baca Juga: Seringkali Kram Saat Tidur, Berbahayakah?

SHARE ON :