Mengatasi Sakit Punggung Sebelah Kiri Atas Akibat Salah Posisi Tidur dan Aktivitas Berat

Mengatasi Sakit Punggung Sebelah Kiri Atas Akibat Salah Posisi Tidur dan Aktivitas Berat

08-June-2020
Share

Sakit punggung sebelah kiri atas maupun di bagian lainnya tentu banyak dialami oleh mereka yang memiliki aktivitas cukup berat dan pola tidur yang kurang sehat setiap harinya. Keluhan yang terjadi baik di sebelah kanan, kiri, atau bagian lainnya sebenarnya sama saja, namun pada akhirnya keluhan inilah yang membuat aktivitas menjadi terganggu, kerja menjadi tidak maksimal, dan juga membuat kualitas tidur menjadi menurun jika tidak ditangani dengan segera. Untuk mencegah keluhan sakit punggung menjadi semakin parah, simak beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan berikut ini.

Melakukan Gerakan Peregangan Tiap Bangun Tidur

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit punggung sebelah kiri atas maupun sisi lainnya adalah dengan melakukan gerakan peregangan, terutama setelah bangun tidur di pagi hari.

  • Anda bisa memulainya dengan cara meregangkan kedua lengan ke atas kepala dan tahan selama beberapa detik.
  • Gerakan selanjutnya adalah menekuk dan menarik lutut ke arah dada secara bergantian. Saat hendak duduk dan berdiri, bergulirlah ke sisi tempat tidur dan manfaatkan lengan untuk membantu mengangkat tubuh.
  • Setelah berdiri, letakkan kedua telapak tangan di antara pinggang dan pantat, lalu perlahan condongkan tubuh ke belakang untuk meregangkan tulang punggung.

Memerhatikan Posisi Tidur

Tak hanya sakit punggung sebelah kiri atas, rasa pegal juga bisa dirasakan di bagian punggung lainnya, dan biasanya disebabkan oleh posisi tidur yang kurang tepat. Banyak orang secara tidak sadar tidur dalam posisi meringkuk, menyamping, dan beberapa posisi tak beraturan lainnya. Meski terasa nyaman, namun justru posisi inilah yang bisa memicu cedera pada tulang punggung jika dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur dalam posisi terlentang, di mana kepala, tulang punggung, dan kaki berada pada satu garis lurus untuk membantu menjaga postur tulang belakang dan mengatasi sakit punggung agar tidak semakin parah.

Berdiri dan Duduk Tegak

Selain posisi tidur, biasakan juga untuk selalu berdiri dan duduk dalam posisi tegak tidak membungkuk, terutama bagi Anda yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk dan bekerja di depan komputer dalam waktu yang cukup lama. Tujuannya adalah untuk mempertahankan postur tubuh dan mencegah nyeri punggung agar tidak semakin parah. Untuk memastikan apakah Anda duduk dengan tegak, pastikan punggung menempel pada sandaran kursi. Bila perlu, Anda bisa sesekali memodifikasi gaya bekerja dalam posisi berdiri tegak dan bekerja memanfaatkan standing table.

Mengistirahatkan Punggung

Cara mengatasi sakit punggung sebelah kiri atas maupun sisi lainnya adalah dengan meluangkan waktu di sela pekerjaan atau saat menempuh perjalanan jauh untuk mengistirahatkan punggung. Caranya adalah dengan melakukan gerakan peregangan, mengubah posisi duduk, atau sesekali berdiri dan berjalan-jalan setiap satu jam sekali. Selain mengistirahatkan punggung, aktivitas ini juga efektif untuk mengusir rasa bosan.

Minum Obat NEO rheumacyl Oralinu

Langkah selanjutnya dalam mengatasi keluhan rasa pegal di punggung adalah dengan minum obat pereda nyeri yang disebabkan kelelahan akibat aktivitas yang berat, seperti NEO rheumacyl Oralinu, obat tradisional yang mengandung berbagai macam tanaman berkhasiat yang efektif meredakan nyeri sendi dan pegal linu.

Tak hanya meredakan pegal linu, kombinasi esktrak jahet, kunyit, ginseng, dan berbagai tanaman herbal yang terkandung dalam NEO rheumacyl Oralinu juga dipercaya bisa menjaga kondisi tubuh dari kecapekan, sehingga Anda tidak mudah merasa lelah saat kembali beraktivitas dan siap menjalani new normal dengan lebih bersemangat dan berstamina.

Dapatkan segera produk NEO rheumacyl Oralinu secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, JDID, dan Gogobli sekarang juga.

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More