blog 1

ARTIKEL

Mengalami kaki kesemutan tentu cukup mengganggu aktivitas. Untuk mencegah hal ini terjadi dalam hidup Anda, yuk simak beberapa cara mengatasi kaki kesemutan yang bisa dilakukan berikut ini.

Jangan Dibiarkan, Ini Cara Mengatasi Kaki Kesemutan yang Bisa Anda Lakukan

Mengalami kaki kesemutan tentu sudah menjadi hal yang wajar terjadi. Biasanya, keluhan ini akan menghilang dengan sendirinya dalam hitungan menit tanpa perlu penanganan lebih lanjut. Namun, tak jarang juga keluhan terjadi dalam waktu yang cukup lama dan berulangkali. Untuk mencegah hal ini terjadi dalam hidup Anda, yuk simak beberapa cara mengatasi kaki kesemutan yang bisa dilakukan berikut ini.

Menghilangkan Tekanan di Kaki

Cara mengatasi kaki kesemutan yang pertama adalah dengan menghilangkan tekanan di kaki. Pasalnya, kesemutan ini biasanya terjadi karena aliran darah yang tidak lancar ke kaki. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan misalnya berhenti menyilangkan kaki, berdiri sejenak sambil menggerakkan kaki secara perlahan, mengubah posisi duduk, hingga mengganti posisi tidur yang memiliki potensi memberikan tekanan pada area kaki.

Melakukan Aktivitas Fisik 

Langkah kedua adalah dengan rajin melakukan aktivitas tubuh, misalnya dengan melakukan gerakan peregangan di sela waktu untuk membantu melancarkan aliran darah ke kaki. Saat kaki kesemutan, Anda bisa melakukan beberapa gerakan berikut ini.

  • Berjalan-jalan di sekitar meja kerja.
  • Mencoba menggerakkan jari kaki secara perlahan.
  • Melakukan gerakan peregangan pada leher dan punggung untuk melancarkan aliran darah ke tangan dan kaki.
  • Olahraga rutin setiap harinya minimal selama 30 menit, seperti jogging, bersepeda, atau yoga.

Cek Ukuran Sepatu

Seringkali kita tidak menyadari bahwa kaki yang kesemutan juga bisa disebabkan oleh ukuran sepatu yang terlalu sempit atau menggunakan stocking yang ketat. Oleh karena itu, pastikan bahwa alas kaki yang dipakai sesuai dengan ukuran dan jenis kaki serta aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya. 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin Neurotropik

Cara mengatasi kaki kesemutan selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin neurotropik yang mendukung kinerja saraf tubuh kita, seperti:

  • Vitamin B1 (tiamin) yang berperan menyediakan energi bagi sistem saraf.
  • Vitamin B6 (piridoksin) yang berperan dalam menjaga perkembangan otak, menjaga kesehatan sistem saraf dan imun manusia.
  • Vitamin B12 (kobalamin) dibutuhkan untuk produksi myelin, yaitu selubung yang berfungsi untuk melindungi saraf kita.

Vitamin neurotropik ini bisa Anda dapatkan dari konsumsi makanan seperti ikan, daging, kacang-kacangan, kuning telur, dan sayuran hijau. Atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemeny yang mengandung vitamin neurotropik dengan kandungan analgesic (ibuprofen) sebagai pereda nyeri otot berkat kandungan Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf.

neo rehuemacyl neuro kemasan 1 strip

Jika Anda mengalami kaki kesemutan dalam frekuensi yang lebih sering dan cukup mengganggu aktivitas, ada baiknya segera periksakan kondisi Anda pada dokter, ya. Pasalnya, kesemutan yang terjadi secara berulang juga bisa mengindikasikan bahwa Anda memiliki penyakit tertentu. Yuk, semangat hidup sehat mulai dari sekarang!

Baca Juga: Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Belakang Akibat Berkendara Jarak Jauh

SHARE ON :