Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

16-November-2020
Share

Jari tangan yang terasakram,kebas, dam kesemutan seringkali muncul secara tiba-tiba dan menghilang begitu saja tanpa Anda ketahui penyebabnya. Masalahnya, di waktu yang berbeda, masalah ini akan kembali muncul tanpa Anda ketahui penyebabnya maupun cara mengatasinya. Padahal agar dapat meminimalisir risiko dan mengatasi masalah hingga tuntas, Anda perlu mengetahui akar permasalahan Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan! Coba cek 3 kebiasaan berikut ini!

Kurang asupan air minum

Kurangnya asupan air minum dapat menyebabkan dehidrasi dapat memicu kram otot. Sebab saat tubuh kekurangan cairan, sel-sel tubuh tidak dapat berkoordinasi dengan baik sehingga menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit yang mengatur kontraksi otot. Akhirnya, kontraksi saraf otot menjadi tidak sinkron dan menyebabkan kram otot, termasuk pada tangan.

Tidak aktif bergerak

Jika Anda malas berolahraga atau bahkan sekedar stretching di sela aktivitas sehari-hari, makanya jangan heran jika akhirnya Anda mengalami kram, kebas, kesemutan di berbagai bagian tubuh termasuk jura jari-jari tangan. Tidak atau kurang aktif bergerak dapat menyebabkan  sirkulasi darah yang tidak lancar akan menghambat kerja sel hingga menyebabkan sel mati. Salah satu gejala yang dirasakan adalah kram otot, termasuk pada tangan, lengan, dan kaki.

Asupan Magnesium Rendah

Dilansir dari halodoc, magnesium merupakan salah satu jenis mineral penting bagi tubuh. Mineral ini berperan pada lebih dari 300 proses biologis yang terjadi pada tubuh, termasuk pada sistem pencernaan, komunikasi antar sel saraf, dan gerakan otot. Jika asupan magnesium di dalam tubuh tercukupi, mineral ini dapat membantu menjaga kekuatan dan merilekskan otot-otot tubuh. Jika tidak tercukupi, rendahnya asupan magnesium dapat menyebabkan kram pada tangan. Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium dapat menjadi solusi, misalnya alpukat, pisang, tahu, kacang-kacangan, dan dark chocolate.

Kekurangan Vitamin Neurotropik

Dilansir dari klikdokter, vitamin neurotropik adalah golongan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf. Kelompok vitamin ini terdiri dari B1, B6, dan B12. Vitamin B1 (tiamina atau thiamine) berperan memetabolisme karbohidrat sehingga menghasilkan menjadi energi. Selain itu, vitamin B1 juga baik untuk saraf Vitamin B6 (piridoksina atau pyridoxine) juga baik untuk kesehatan saraf, yaitu membantu pembentukan mielin (selubung saraf) dan transmisi saraf pada otak. Terakhir adalah Vitamin B12 (kobalamin) perannya penting dalam pembentukan mielin. Selubung mielin melindungi serat saraf dan memengaruhi kecepatan transmisi sinyal. Sangapenting untuk memenuhi asupan vitamin B1, B6, dan B12 untuk kesehatan saraf. Apabila tubuh kekurangan vitamin-vitamin tersebut, maka Anda dapat mengalami gangguan hingga kerusakan saraf yang ditandai dengan rasa kram, kebas, kesemutan yang sering berulang.

Nah, apakah 4 hal di atas merupakan kebiasaan yang sering Anda lakukan? Jika ya, maka inilah saatnya berubah. Lakukan kebiasaan hidup yang lebih sehat untuk menjaga kesehatan saraf otot. Penuhi kebutuhan vitamin B1, B6, dan B12 yang baik untuk menjaga kesehatan saraf sekaligus mengatasi kram dan kesemutan dengan mengonsumsi NEO rheumacyl Neuro yang juga mengandung analgesic (ibuprofen) sebagai pereda nyeri. Jika dalam 5 hari pemakaian, kondisi tidak membaik maka dianjurkan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.Dapatkan produknya di Tempo Store Official melalui e-commerce kesayangan seperti ShopeeTokopediaBlibli & Lazada sekarang juga!

Related Article

SARAF OTOT

Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki. Kesemutan biasanya terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk ...

Read More

SARAF OTOT

Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. ...

Read More

SARAF OTOT

Mengenal Carpal Tunel Syndrom, Penyakit yang Ditandai dengan Nyeri, Kebas, dan Kesemutan Pada Jari Tangan

Pernah atau bahkan sering mengalami nyeri, kebas, dan kesemutan di sekitar pergelangan tangan hingga jari-jari tangan. Hati-hati, bisa jadi itu ...

Read More