blog 1

ARTIKEL

Badan pegal linu setelah olahraga? Pastikan untuk membawa krim pereda nyeri otot, terutama saat melakukan beberapa jenis olahraga berikut ini.

Cegah Pegal Linu Berlebihan, Bawa Selalu Cream Nyeri Otot Saat Melakukan Jenis Olahraga Berikut Ini

Badan pegal linu setelah olahraga adalah hal yang wajar terjadi, terutama ketika Anda sudah cukup lama tidak melakukan aktivitas fisik. Nah, agar keluhan pegal linunya tidak semakin parah dan mengganggu momen olahraga Anda, pastikan untuk membawa krim pereda nyeri otot, terutama saat melakukan beberapa jenis olahraga berikut ini.

Tenis lapangan

Melansir dari laman online SehatQ.com, teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan tenis lapangan adalah posisi siap menerima pukulan awal (stance), gerakan kaki (footwork), dan juga berbagai jenis pukulan seperti servis, forehand, backhand, dan volley.

Nah, dari keempat jenis pukulan di atas, backhand adalah jenis pukulan yang membutuhkan kekuatan lebih karena kita harus memutar tubuh bagian atas dengan ayunan ke depan ditambah kekuatan tembakan ke daerah baseline dan berat badan di depan. Tak heran jika pada akhirnya gerakan ini membuat tubuh bagian pinggang, lengan, dan bahu menjadi sering pegal linu setelah berolahraga.

Angkat beban

Jenis olahraga selanjutnya yang juga paling sering membuat badan terasa pegal linu adalah angkat beban, terutama jika Anda termasuk sering berolahraga di gym. Keluhan ini biasanya terjadi di bagian lengan, paha, dan kaki. Rasa pegal linu ini bisa semakin parah jika Anda melakukan olahraganya terlalu berlebihan dan tidak ditangani dengan segera.

Bersepeda

Suka bersepeda jarak jauh? Bisa jadi hobi olahraga Anda yang satu ini justru menjadi salah satu penyebab badan pegal linu yang selama ini dialami, mulai dari bagian kaki, paha, punggung, dan lengan. Pasalnya, gerakan menggowes dalam kecepatan tertentu ditambah lagi dengan jarak serta rute yang cukup bervariasi menuntut otot-otot tubuh bekerja lebih keras. Apalagi jika Anda tergolong rutin untuk melakukannya. Agar keluhan badan pegal linu tidak semakin parah, sebaiknya imbangi dengan waktu istirahat yang cukup, ya!

Lari

Saat ini, olahraga lari seakan menjadi tren yang kembali digemari oleh masyarakat. Terbukti dengan banyaknya acara perlombaan yang diselenggarakan. Meski termasuk sebagai olahraga yang paling mudah untuk dilakukan oleh siapapun, namun untuk dapat berlari dengan baik tanpa menimbulkan cedera membutuhkan teknik dan persiapan khusus, mulai dari posisi kaki, ayunan tangan, posisi dada dan bahu, serta strategi dalam mempertahankan ritme lari. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, maka jangan heran kalau pada akhirnya Anda hanya akan mengalami kelelahan dan keluhan pegal linu di bagian telapak kaki, betis, paha, pinggang, dan lengan tangan.

Nah, dari beberapa jenis olahraga yang saat ini menjadi favorit banyak orang, mana yang paling sering Anda lakukan belakangan ini? Tak perlu khawatir dengan badan pegal linu yang muncul setelahnya, karena rasa nyeri pada otot setelah berolahraga cukup berat merupakan hal yang wajar terjadi dan akan menghilang dalam hitungan hari. Meski begitu, sebaiknya jangan mengabaikan rasa nyeri dan pegal linu yang Anda rasakan, ya. Sebaliknya, segera atasi dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Mengompresnya dengan es batu atau kain bersih yang sudah direndam air dingin. Tujuannya adalah untuk mencegah pembengkakan dan memberikan efek menenangkan dari sensasi dingin yang muncul.
  2. Memberi jeda waktu untuk beristirahat sebelum kembali berolahraga.
  3. Gunakan waktu istirahat atau ‘active rest day’ dengan tetap aktif bergerak, namun dalam intensitas yang rendah agar otot tidak menjadi tegang dan keluhan pegal linu menjadi semakin parah.
  4. Konsumsi makanan bernutrisi dan memenuhi kebutuhan air mineral agar distribusi oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

Jika keluhan nyeri otot dan badan pegal masih cukup mengganggu, Anda bisa mengoleskan krim pereda nyeri otot dan pegal linu seperti NEO rheumacyl Eucalyptus Cream pada bagian yang terasa sakit. Kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) di dalamnya ampuh meredakan nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang. Jika rasa nyeri yang dialami cukup berat, coba oleskan NEO rheumacyl Extra Hot Cream dengan sensasi hangat yang lebih ekstra dan efektif mengatasi nyeri otot. Bila perlu, bawa selalu kedua krim pereda nyeri otot ini saat berolahraga, sehingga Anda bisa langsung mengatasi badan pegal linu saat berolahraga.

Artikel Lainnya: Nyeri Otot Paha Setelah Bersepeda Jarak Jauh? Atasi Dengan Cara Berikut!

SHARE ON :