blog 1

ARTIKEL

Anda mengalami badan cepat pegal, terutama di bagian kaki menjelang tidur di malam hari? Beberapa penyebab yang mungkin tidak Anda sadari berikut ini.

Penyebab Badan Cepat Pegal Menjelang Tidur di Malam Hari

Pernahkah Anda mengalami badan cepat pegal, terutama di bagian kaki menjelang tidur di malam hari? Jika iya, ada baiknya untuk tidak mengabaikannya mulai saat ini. Ada beberapa penyebab badan cepat pegal saat malam hari yang mungkin tidak Anda sadari berikut ini. Apa saja, ya?

Faktor Gaya Hidup

Dilansir dari laman situs Orami.com, seseorang dapat mengalami badan cepat pegal terutama bagian kaki saat malam hari karena gaya hidup yang dijalani setiap harinya. Misalnya saja saat seseorang diharuskan banyak berdiri saat bekerja sehingga otot harus bekerja dengan lebih keras, terlalu banyak duduk sambil menatap layar, posisi tidur yang salah, hingga salah dalam memilih dan menggunakan alas kaki.

Neuroma Morton

Badan cepat pegal di malam hari juga bisa disebabkan oleh adanya neuroma morton, yaitu kondisi di mana jaringan di sekitar saraf yang mengarah ke kaki menebal dan menjepit tulang di jari kaki. Hal inilah yang membuat saraf di kaki terjepit dan meradang. Untuk mencegah kondisi ini, pilihlah sepatu dengan jenis dan ukuran yang sesuai dengan kaki, memiliki bantalan yang tidak terlalu keras atau empuk, memiliki sol yang lembut, menggunakan bantalan ortopedi, atau mengonsultasikan pada dokter tentang penggunakan suntikan steroid untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri.

Neuropati Perifer

Penyebab selanjutnya adalah karena adanya kelainan neuropati perifer, yaitu kondisi saraf yang dapat menyebabkan nyeri dan mati rasa pada tangan dan kaki. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

  • Olahraga ringan dan teratur, seperti berjalan kaki atau yoga.
  • Mengonsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung vitamin B12 dan vitamin neurotropik lainnya, seperti B1 dan B6 untuk kesehatan otot dan saraf, serta kandungan Ibuprofen di dalamnya untuk mengurangi peradangan.
  • Menghentikan konsumsi alkohol.

Kemungkinan Penyakit Tertentu

Badan cepat pegal di malam hari dan terjadi secara berulang juga bisa mengindikasikan seseorang mengidap penyakit tertentu, seperti diabetes. Penyakit yang satu ini dapat memengaruhi sirkulasi darah, saat darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh mengalami penurunan sirkulasi di bagian kaki atau bagian tubuh lain, otot akan kekurangan oksigen dan menyebabkan terjadinya peradangan. Hal inilah yang akhirnya membuat badan terasa pegal di malam hari. Untuk mendapatkan penanganan lebih serius, segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter, ya!

Dari beberapa kemungkinan penyebab badan cepat pegal di atas, mana yang pernah Anda alami?

Baca Juga: Cara Mengatasi Tangan Kram Akibat Terlalu Sering Bermain Gadget

SHARE ON :