blog 1

ARTIKEL

Bagi Anda yang memiliki hobi berenang, pasti sudah tidak asing lagi dengan rasa pegal dan nyeri. Ada beberapa cara yang cukup efektif untuk mengatasi pegal linu setelah berenang.

Mengatasi Pegal Linu Setelah Berenang

Bagi Anda yang memiliki hobi berenang, pasti sudah tidak asing lagi dengan rasa pegal dan nyeri hebat yang kerap terjadi pasca berenang. Ternyata hal ini disebabkan adanya asam laktat menumpuk di otot setelah latihan berat dan meninggalkan sensasi terbakar saat otot aktif. Setiap orang mungkin memiliki cara pemulihan yang berbeda untuk mencegah penumpukan asam laktat ini. Namun berikut ini, ada beberapa cara yang cukup efektif untuk mengatasi pegal linu setelah berenang.

  1. Tidur. Penelitian menunjukkan bahwa tidur minimal 8 jam membantu tubuh cepat pulih dan tetap sehat. Namun, tidur tidak akan efektif apabila Anda tidak memiliki jadwal atau jam tidur yang konsisten. Buatlah pola waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Cara ini akan melatih tubuh untuk mengetahui kapan harus pulih dan membuatnya lebih mudah untuk pulih.

                                                       

  1. Perbanyak minum air putih. Banyak orang tidak tahu bahwa tubuh berkeringat selama latihan berenang karena selama di dalam air Anda tidak dapat melihat atau merasakan keringat. Padahal keringat tetap keluar dari tubuh meskipun Anda tidak merasa ‘gerah’. Akibatnya, Anda jadi tidak mencukupi kebutuhan cairan dan mengalami dehidrasi. Cukupi cairan tubuh selama berenang. Anda juga dapat mengombinasikan konsumsi air mineral dengan minuman berenergi udah memenuhi kebutuhan gula selama berenang.
  1. Peregangan. Ada dua jenis peregangan: Dinamis dan Statis. Peregangan Dinamis adalah bentuk peregangan yang memanfaatkan gerakan untuk menghangatkan tubuh sebelum latihan, yang membantu tubuh pulih dan melepaskan asam laktat dari latihan sebelumnya. Peregangan selanjutnya adalah peregangan statis, yang dilakukan saat tubuh dalam keadaan istirahat. Jenis peregangan ini adalah bentuk pendinginan karena memanjangkan otot. Namun kebanyakan orang seringkali salah memahaminya. Banyak yang justru melakukan peregangan statis sebelum berolahraga, dan akhirnya membuat tubuh nyeri bahkan cedera. Untuk menghindarinya, lakukan sesuai urutan: peregangan dinamis untuk menghangatkan tubuh dan lakukan peregangan statis setelahnya.
  1. Pendinginan. Setiap perenang takut akan titik ini selama latihan karena yang ingin mereka lakukan hanyalah keluar dan pulang. Namun yang tidak mereka ketahui adalah bahwa ini adalah bagian terpenting dari latihan, selain pemanasan. Pendinginan adalah bentuk pemulihan aktif, yang melepaskan ketegangan dan membuat darah mengalir kembali ke seluruh tubuh. Pastikan setelah setiap latihan, apakah itu hari sprint atau hari jarak jauh, untuk mendapatkan setidaknya 400 masuk gratis untuk mendinginkan tubuh dan memungkinkannya pulih.
  1. Camilan sehat. Setelah berenang selama 30 menit, Anda mungkin akan merasa lapar. Namun jangan mengisi perut dengan nasi atau mi goreng ya! Lebih baik kembalikan energi dengan camilan sehat berupa minuman protein, buah, atau yogurt sebelum nantinya Anda makan makanan utama seusai berenang.
  1. Pijat. Mendapatkan pijatan setelah olahraga membantu meredakan ketegangan di tubuh dan membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh lebih mudah. Jika berenang sudah menjadi rutinitas Anda, usahakan mendapatkan pijatan setidaknya sebulan sekali dan Anda akan merasa lebih cepat pulih dari rasa pegal dan nyeri otot.

Nah itulah cara mengatasi pegal linu setelah berenang. Selain itu, jangan lupa oleskan NEO rheumacyl Otot dan Sendi Cream Tube Varian HOT atau Hangat pada bagian tubuh yang terasa nyeri. NEO rheumacyl membantu redakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Panasnya pas, cepat meresap dan tidak lengket. Nah, itulah cara meminimalisir nyeri otot yang bisa Anda coba. Yuk, tetap aktif bersama NEO rheumacyl!

 

 

SHARE ON :