Mulai Beraktivitas Lagi? Ini 4 Gerakan Memijat Tubuh Mandiri untuk Hilangkan Nyeri Otot dan Sendi

Mulai Beraktivitas Lagi? Ini 4 Gerakan Memijat Tubuh Mandiri untuk Hilangkan Nyeri Otot dan Sendi

10-August-2020
Share

Memijat Area Pinggang

Duduk dan bekerja di depan layar komputer dalam waktu yang lama seringkali membuat pinggang terasa pegal dan linu. Selain mengompres dengan air dingin, memberikan pijatan ringan pada pinggang juga bisa membantu mengurangi rasa pegalnya. Lakukan secara berulang menggunakan jari tangan dengan gerakan memutar dan memberikan sedikit tekanan hingga pegalnya semakin berkurang.

Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi pada Bahu

Selain pinggang, bagian tubuh lain yang rentan terserang nyeri akibat terlalu lama duduk menatap layar komputer adalah bagian bahu dan leher. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan pijatan ringan menggunakan telapak tangan di area bahu dan leher, mengompresnya dengan air hangat atau dingin, dan tidak lupa meluangkan waktu di sela aktivitas untuk melakukan gerakan peregangan seperti:

  • Menekuk Kepala ke Samping
    Gerakan ringan yang satu ini bisa dilakukan untuk mengatasi sakit pundak dan leher akibat terlalu sering duduk dan bekerja menatap layar komputer. Cara melakukannya dimulai dengan duduk tegak dan  pandangan ke depan. Miringkan kepala ke kanan, kemudian tahan menggunakan tangan kanan hingga menyentuh telinga. Tahan posisi ini selama kurang lebih 15 detik dan lakukan secara berulang ke kanan dan kiri.
  • Memutar Kepala
    Gerakan selanjutnya adalah dengan menolehkan kepala ke sisi kanan dan kiri secara bergantian. Tahan posisi menoleh masing-masing selama 15 detik untuk membantu meregangkan otot leher Anda.
  • Gerakan Peregangan Tangan
    Selanjutnya adalah dengan meluruskan kedua tangan ke depan, kaitkan jari tangan kanan dan kiri dan putar telapak tangan ke luar. Kemudian tarik kedua tangan ke atas dengan telapak tangan menghadap ke atas. Dorong sejauh mungkin dan tahan selama 15 detik. Lakukan gerakan ini dalam tiga kali pengulangan untuk meregangkan otot bahu Anda.

Pijatan di Paha

Melakukan aktivitas sehari-hari seperti olahraga yang berat atau mobilitas yang cukup padat bisa membuat otot paha terasa nyeri. Jika hal ini terjadi, langkah yang bisa Anda ambil adalah mengistirahatkan kaki dan memberikan pijatan ringan di daerah sekitar paha yang terasa nyeri. Lakukan cara yang satu ini beberapa kali sambil mengambil posisi duduk dan meluruskan kedua kaki sampai rasa nyerinya berkurang.

Pijatan Ringan di Area Lutut

Cara mengatasi nyeri otot dan sendi pada lutut yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah dengan memberikan pijitan ringan di bagian paha dan lutut. Simak beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan berikut ini:

  • Mengepalkan kedua tangan dan memukul paha bagian atas, tengah, dan bawah dengan perlahan sebanyak 10 kali. Lakukanlah gerakan ini dalam keadaan duduk dan kaki sambil meluruskan kedua kaki.
  • Gerakan selanjutnya adalah menggunakan empat jari tangan (kecuali jempol) untuk mengetuk lutut dari atas ke bawah sebanyak 10 kali secara perlahan.
  • Lalu letakkan kedua telapak tangan di atas paha, lakukan gerakan memijat di bagian paha dan lutut kemudian kembali lagi ke paha dengan memberikan sedikit tekanan saat memijat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat memijat beberapa bagian tubuh yang mengalami nyeri otot dan sendi, oleskan juga krim pereda nyeri sendi dan otot seperti NEO rheumacyl Otot & Sendi HOT dan NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat sebagai pertolongan pertama untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo maupun pegal-pegal.

Dapatkan produk NEO rheumacyl Otot & Sendi HOT dan NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat dengan cara membelinya secara online di Blibli, Lazada, tokopedia, Shopee, JD, dan Gogobli sekarang juga.

 

Related Article

OTOT

Inilah 3 Asupan Makanan yang Penting untuk Kesehatan Otot dan Sendi!

Selain dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan istirahat, pola hidup sehat lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ...

Read More

OTOT

Sering Nyeri Otot Bikin Parno? Atasi dengan Kebiasaan Sehat Berikut!

Keluhan nyeri otot seringkali dianggap sepele, padahal masalah ini sangat mengganggu, apalagi jika sering terjadi berulang kali. Wajar jika nyeri ...

Read More

OTOT

Tidak Perlu ke Luar Rumah, Solusi mandiri atasi Nyeri Otot dan Sendi

Bagaimana jika berada di rumah Anda mengalami masalah nyeri otot? Sedangkan situasinya belum memungkinkan untuk memanggil terapis dengan leluasa. Lantas ...

Read More