blog 1

ARTIKEL

Malas Gerak Bikin Badan Pegal Linu, Mitos atau Fakta? Jawabannya adalah fakta! Sebab, saat Anda terlalu malas untuk bergerak maka otot tubuh tidak terlatih kekuatannya

Malas Gerak Bikin Badan Pegal Linu, Mitos atau Fakta?

Jawabannya adalah fakta! Sebab, saat Anda terlalu malas untuk bergerak maka otot tubuh tidak terlatih kekuatannya. Tak heran jika pada akhirnya Anda akan lebih sering merasa badan pegal linu padahal tidak pernah melakukan pekerjaan yang berat maupun olahraga yang intens. Hal ini berlaku untuk semua kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Selain malas gerak, berikut ini beberapa kondisi yang membuat keluhan seseorang lebih mudah mengalami badan pegal linu.

1. Malas olahraga

Kebiasaan ini dapat memengaruhi peredaran darah dalam tubuh. Ketika peredaran darah tidak lancar, maka oksigen tidak terdistribusikan secara sempurna ke seluruh tubuh dan otot adalah bagian tubuh pertama yang terkena dampaknya. Alhasil tubuh Anda akan terasa pegal dimulai dari kaki hingga ke seluruh tubuh.

Solusi: Olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya, meski hanya sesederhana jalan kaki saja. Tubuh yang terbiasa berolahraga, otomatis sistem kerja otot dan tulangnya akan semakin kuat dan tidak mudah tegang atau lemas.

2. Stres

Sering mengalami pegal linu di bagian pundak, leher, dan punggung bagian atas? Bisa jadi ini akibat stres yang tidak disadari. Sebab, saat seseorang terlalu banyak pikiran yang memicu stress, otot-otot tubuh akan menegang terutama bagian pundak ke atas.

Solusi: Untuk mencegahnya, lakukan relaksasi dan peregangan agar pikiran dan otot jadi lebih relaks. Tentunya perlu diimbangi juga dengan mengatasi penyebab stress yang Anda alami.

3. Posisi tidur yang buruk

Beberapa posisi tidur dapat menyebabkan ketegangan ekstra pada punggung bagian bawah, pinggul, dan leher. Apalagi jika tidak didukung dengan alas tidur yang memadai, misalnya kasur yang terlalu empuk ataupun keras.

Solusi: Plih kasur yang tidak terlalu empuk maupun keras, gunakan bantal di sekitar tubuh Anda untuk menopang dengan lebih baik saat tidur dalam posisi yang dirasa paling nyaman. Usahakan tidur dalam posisi terlentang, di mana kepala, leher, dan tulang punggung berada dalam satu garis lurus.

Bagaimana cara mencegah pegal linu?

Selain dengan menghindari beberapa pemicunya di atas, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari badan pegal linu.

  1. Alih-alih menghabiskan waktu dengan berbaring atau sekadar bemalas-malasan, sebaiknya luangkan waktu selama 30 menit untuk beraktivitas fisik dengan melakukan jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh.
  2. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang baik untuk kesehatan otot dan tulang sangat dianjurkan. Beberapa makanannya seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan salmon, ubi, teh hijau, buah-buahan kaya vitamin C, susu dan produk olahannya.
  3. Penuhi kebutuhan cairan setiap hari. Hindari minuman dengan pemanis buatan dan perbanyak air putih, jus tanpa gula, dan air kelapa tanpa gula. Sebab dehidrasi juga dapat memengaruhi kondisi otot.
  4. Istirahat dengan cukup. Tidur secara teratur dan bersantailah di waktu luang Anda. Kurang tidur bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih sensitif terhadap rasa nyeri, terutama pada otot.

Apabila pegal dan nyeri otot mulai terasa, segera oleskan NEO rheumacyl Eucalyptus Cream pada bagian yang terasa sakit. Kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) di dalamnya ampuh meredakan nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang. Tak hanya itu saja, roma eucalyptus dari NEO rheumacyl Eucalyptus Cream yang menenangkan juga bisa membuat Anda kembali beraktivitas dengan lebih nyaman, loh!

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Pilates, Jenis Olahraga untuk Segala Usia

SHARE ON :