blog 1

ARTIKEL

Selain dengan berolahraga, redakan juga keluhan kaki dan paha yang terasa pegal dengan beberapa cara berikut ini.

Menghilangkan Pegal di Kaki dan Paha dengan Berolahraga. Apakah bisa?

Memiliki aktivitas yang padat dan juga beban kerja yang cukup berat seringkali menjadi alasan seseorang lebih sering mengalami rasa pegal di bagian kaki dan paha. Berikut adalah gejala yang mungkin dirasakan:

  1. Kesulitan berjalan.
  2. Mati rasa.
  3. Nyeri otot, ketegangan, atau pegal-pegal

Beberapa keluhan ini umumnya terjadi akibat beberapa faktor seperti:

  1. Otot mengalami ketegangan yang berlebih
  2. Cedera saat beraktivitas
  3. Aktivitas yang berlebih
  4. Memiliki riwayat penyakit tertentu

Alih-alih hanya berbaring, tahukah Anda bahwa menghilangkan pegal di kaki dan paha bisa dilakukan dengan cara berolahraga, loh. Namun, pastinya bukanlah olahraga yang terlalu berat dan banyak melibatkan gerakan seperti melompat atau gerakan yang cepat dan berulang. Sebaliknya, Anda bisa mengatasi kaki dan paha pegal dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga untuk melemaskan otot kaki.

Sedangkan untuk nyeri di bagian paha Anda bisa meredakannya dengan melakukan peregangan dengan cara menekuk dan meluruskan kaki secara perlahan. Dengan begini, Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman.

Selain dengan berolahraga, redakan juga keluhan kaki dan paha yang terasa pegal dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Mengompres dengan es

Anda juga bisa mengompres otot kaki dan paha yang terasa pegal menggunakan es batu yang dibungkus handuk atau kain bersih. Letakkan kompresan di bagian yang terasa tidak nyaman dengan sedikit tekanan, sensasi dingin inilah yang bisa memberikan rasa nyaman dan mengurangi pembengkakan otot di bagian paha. Lakukan cara ini secara rutin hingga rasa pegalnya mulai menghilang.

  

  1. Melakukan gerakan peregangan

Anda juga bisa mengurangi pegal dan nyeri otot paha dengan melakukan gerakan peregangan berikut ini.

  • Naik anak tangga, Anda bisa memanfaatkan anak tangga atau lantai yang lebih tinggi untuk dinaiki secara bergantian antara kaki kanan dan kiri. Lakukan secara perlahan agar nyeri otot paha tidak semakin parah, ya.
  • Berdiri menggunakan tumit (berjinjit), caranya adalah dengan berdiri sambil membuka kedua kaki selebar bahu, kemudian mengangkat tumit sehingga Anda berdiri di atas jari kaki sebagai tumpuannya. Tahan selama 10 detik, turunkan tumit, dan lakukan secara berulang. 
  • Setengah squat, caranya hampir sama dengan squat pada umumnya yaitu berdiri sambil membuka kedua kaki selebar pinggul dengan jari kaki menghadap ke depan. Namun, pada setengah squat ini Anda cukup menurunkannya sebatas pinggul saja sambil mengencangkan otot perut. Lakukan selama 10 kali secara perlahan untuk membantu menguatkan otot paha dan mengurangi rasa pegal ataupun nyeri lutut.
  1. Memberikan pijatan ringan

Percepat juga proses pemulihan nyeri otot paha dengan memberikan pijatan ringan di bagian yang terasa nyeri. Simak caranya berikut ini.

  • Duduk sambil meluruskan kedua kaki, kemudian mengepalkan kedua tangan dan memukul perlahan paha bagian atas, tengah, dan bawah sebanyak 10 kali.
  • Lanjutkan dengan meletakkan kedua telapak tangan di atas paha, lakukan gerakan memijat di bagian paha dan lutut kemudian kembali lagi ke paha dengan memberikan sedikit tekanan saat memijat.
  • Lakukan beberapa gerakan di atas secara rutin hingga nyerinya mereda, terutama saat otot paha sedang terasa sakit.

Jika keluhannya cukup mengganggu aktivitas harian, segera atasi dengan minum obat penghilang rasa sakit dengan kandungan ibuprofen dan paracetamol, sehingga Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan lebih nyaman.

SHARE ON :