blog 1

ARTIKEL

ketahui dulu beberapa kesalahan dalam melakukan olahraga angkat beban agar tidak membuat badan menjadi pegal linu dan nyeri otot, ya!

Kesalahan Dalam Melakukan Olahraga Angkat Beban yang Bikin Badan Pegal Linu dan Nyeri Otot

Tertarik mencoba olahraga angkat beban untuk melatih kekuatan otot sekaligus membakar lemak tubuh dengan lebih efektif? Sebaiknya ketahui dulu beberapa kesalahan dalam melakukan olahraga ini agar tidak membuat badan menjadi pegal linu dan nyeri otot, ya!

1. Tidak memahami cara penggunakan alat beban

Kesalahan pertama yang seringkali terjadi adalah kurangnya pengetahuan soal cara penggunaan alat angkat beban. Umumnya, hal ini dipicu oleh rasa malu untuk bertanya. Alih-alih menggunakan alatnya dengan benar, yang ada justru Anda bisa cedera saat menggunakanya.

  • Pelajari dulu masing-masing nama, manfaat, dan cara penggunaan alat angkat beban yang akan Anda coba, baik di gym maupun di rumah. Bila perlu, mintalah bantuan pada personal trainer untuk menjelaskannya dengan detail sekaligus memberikan contoh mengenai cara penggunaannya. Dengan memahami hal ini, maka Anda dapat menggunakan alatnya secara optimal, sehingga dapat melatih kekuatan otot tubuh dengan baik dan terhindar dari cedera.

2. Tidak memahami kemampuan tubuh

Ingin mendapatkan hasil yang instan terkadang membuat orang seringkali mengabaikan kemampuan tubuhnya, termasuk saat melakukan olahraga angkat beban. Masih banyak orang yang memaksakan untuk menggunakan beban yang sangat berat di mana tubuhnya belum tentu mampu untuk menopangnya. Tak hanya berujung badan pegal linu, hal ini justru bisa membuat Anda cedera dan terluka, loh.

Solusi: Sebagai pemula, sebaiknya gunakan beban yang paling ringan dulu. Setelah terbiasa berlatih, baru Anda bisa menambahkan beban yang lebih berat.

3. Melewatkan pemanasan

Meski terlihat sepele, namun pemanasan sebelum olahraga adalah hal yang sangat penting untuk mencegah cedera. Dengan pemanasan, otot menjadi lebih rileks dan tidak kaget saat harus bekerja keras menahan beban saat berolahraga nantinya.

Solusi: Lakukan pemanasan sederhana, lalu dilanjutkan dengan olahraga cardio seperti treadmill selama 15 menit. Setelah itu, Anda bisa mulai untuk angkat beban.

4. Salah menentukan tumpuan

Kesalahan selanjutnya adalah tidak tepat dalam menentukan tumpuan, baik pada bagian kaki maupun tangan. Tak hanya membuat badan pegal linu, hal ini juga bisa membuat otot mengalami tekanan berlebih, bahkan bisa terkilir.

Solusi: Pahami dengan baik mengenai penggunaan alat atau minta bantuan personal trainer untuk mendampingi.

Meski cukup mengganggu, keluhan badan pegal linu dan nyeri otot bagi pemula yang baru belajar angkat beban tentu menjadi hal yang wajar. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kemungkinan besar Anda mengalami delayed-onset muscle soreness (DOMS). Rasa nyeri ini biasanya baru akan muncul 24-48 jam setelah latihan dan akan hilang dalam waktu 3-5 hari setelahnya.

Untuk membantu meredakan badan pegal linu dan nyeri otot setelah angkat beban, Anda bisa melakukan hal berikut ini.

  1. Mengompresnya dengan es batu atau kain bersih yang sudah direndam air dingin.
  2. Istirahat selama kurang lebih 24 jam sebelum berolahraga untuk melatih otot yang sama lagi.
  3. Mengoleskan krim pereda nyeri sendi dan otot seperti NEO rheumacyl Extra Hot Cream dengan sensasi hangat yang lebih ekstra meredakan nyeri otot dengan lebih efektif.

Artikel Lainnya: Cegah Pegal Linu Berlebihan, Bawa Selalu Cream Nyeri Otot Saat Melakukan Jenis Olahraga Berikut Ini

SHARE ON :