5 Penyebab Nyeri Otot yang Sering Terabaikan

5 Penyebab Nyeri Otot yang Sering Terabaikan

31-July-2020
Share

Hampir bisa dipastikan bahwa setiap orang termasuk Anda pasti pernah bahkan sering mengalami nyeri otot. Hal ini biasanya terjadi setelah beraktivitas selama seharian penuh atau akibat terlalu sering mengangkat beban yang cukup berat. Maka tak jarang jika nyeri otot ini banyak dirasakan di bagian lengan, leher, dan kaki. Namun, fenomena seperti ini dianggap wajar karena rasa nyeri yang muncul akan menghilang secara perlahan dalam hitungan hari.

Namun, tak hanya melakukan aktivitas berat, nyeri otot juga bisa terjadi karena beberapa kebiasaan yang jarang kita sadari, lho. Apa saja, ya?

Kebiasaan Begadang untuk Bekerja atau Main Game

Sering memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan atau main game favorit hingga larut malam bahkan mengorbankan waktu tidur? Tanpa disadari, kebiasaan inilah yang seringkali membuat Anda mengalami nyeri otot, terutama di bagian pinggang dan leher. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu enam hingga delapan jam untuk tidur setiap malamnya. Saat tidur inilah tubuh melakukan perbaikan dan peremajaan otot kita. Maka bisa dibayangkan bukan, jika waktu tidur semakin berkurang, maka perbaikan otot tubuh ini tidak bisa berjalan dengan lancar. Sebaliknya, produksi hormon stress meningkat dan menyebabkan otot terasa nyeri dan memengaruhi konsentrasi Anda sehari-hari.

Malas untuk Minum Air Mineral

Hingga kini masih banyak orang yang merasa malas untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya dengan minum air mineral. Alasannya pun beragam, mulai dari malas bergerak untuk mengambil minum, merasa kembung, hingga alasan lainnya. Kekurangan cairan atau dehidrasi inilah yang menyebabkan nyeri otot dan beberapa keluhan lain seperti sakit kepala dan kelelahan akibat kurangnya pasokan oksigen pada tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan air minum sebanyak delapan gelas setiap harinya, ya.

Picky Eater

Penyebab nyeri otot yang sering terabaikan selanjutnya adalah picky eater, yaitu kondisi di mana seseorang hanya akan mengonsumsi makanan yang mereka inginkan saja tanpa memerhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Hal inilah yang membuat nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi secara optimal, terutama Vitamin D yang baik untuk tulang dan otot.

Stress

Tak hanya memengaruhi kesehatan mental seseorang, rasa stress atau tertekan juga sukses membuat Anda selalu merasa lelah dan otot terasa nyeri akibat peradangan. Stress ini bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari pekerjaan, beban hidup, hingga rasa bosan terhadap rutinitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, coba luangkan sedikit waktu untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai, seperti bersantai di rumah, melakukan hobi, atau sekadar berkumpul dengan keluarga. Meski terdengar sepele, namun percayalah bahwa kegiatan inilah yang bisa mengembalikan mood dan mengurangi stress sehingga Anda bisa beraktivitas seperti semula.

Memiliki Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit  tertentu seperti anemia dan radang sendi juga bisa menjadi penyebab nyeri otot yang sering terabaikan dan tidak mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Hal inilah yang terkadang membuat seseorang mengalami nyeri otot yang berkepanjangan.

Apakah Anda termasuk sebagai salah satu orang yang sering mengalami nyeri otot akibat beberapa kebiasaan di atas? Jika iya, segera terapkan pola hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan nutrisi, istirahat cukup, kelola stress, dan minum obat pereda nyeri seperti NEO rheumacyl Tablet saat Anda mulai merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh. Kandungan Ibuprofen dan Paracetamol di dalamnya mampu membantu meredakan nyeri otot dan sendi, sehingga Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman.

Segera lengkapi kebutuhan obat-obatan Anda dengan NEO rheumacyl Tablet  yang bisa dibeli secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, JDID, Gogobli. Kunjungi juga official account Instagram, Facebook, dan Youtube NEO rheumacyl sekarang juga.

Source: SehatQ

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More