Hati-hati, Nyeri Otot yang Tidak Kunjung Tuntas, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini!

Hati-hati, Nyeri Otot yang Tidak Kunjung Tuntas, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini!

25-July-2020
Share

Nyeri otot seringkali dianggap sepele dan bisa sembuh sendiri. Nyatanya nyeri otot yang tidak ditangani hingga tuntas justru bisa menjadi semakin parah, serta tak menutup kemungkinan nyeri otot yang tidak kunjung tuntas bisa jadi pertanda dari penyakit berikut ini!

Fibromialgia

Fibromialgia adalah penyakit kronis yang ditandai dengan nyeri otot di sekujur tubuh. Nyeri otot akibat fibromialgia bisa berlangsung dalam jangka panjang, namun bisa diredakan dengan melakukan pengobatan dan perubahan gaya hidup. Penyakit ini juga seringkali disertai berbagai keluhan lain, seperti perasaan lelah saat bangun pagi, cemas, depresi dan gangguan pencernaan.

Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab pasti dari fibromalgia. Meskipun penyakit ini memengaruhi otot, rasa nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan kerusakan jaringan otot, berbeda dengan artritis atau peradangan lainnya.

Rabdomiolisis

Rabdomiolisis adalah cedera jaringan otot rangka yang dapat memicu timbulnya nyeri dan kram otot. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan seseorang mengalami rabdomiolisis, mulai dari trauma sampai konsumsi obat tertentu. Adanya kelainan genetik metabolisme otot juga bisa memudahkan terjadinya cedera otot ini.

Kompresi Saraf

Penyebab nyeri otot yang tidak kunjung sembuh lainnya adalah kompresi pada saraf. Kondisi saraf yang tertekan ini juga bisa menyebabkan keluhan lainnya, seperti kram otot, kesemutan, bahkan pada tahap yang parah, dapat mengakibatkan kelumpuhan pada bagian tubuh tertentu.

Bicarakanlah ke dokter mengenai kondisi nyeri otot berkepanjangan yang kamu alami untuk mendapatkan diagnosis yang pasti. Apalagi bila rasa nyeri juga disertai dengan gejala berat lainnya, seperti ruam kemerahan dan bengkak, sulit bernapas, dan kaku pada leher. Pemeriksaan fisik dapat membantu mendiagnosis penyebab yang mendasarinya.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda tahu bahwa nyeri otot tidak bisa dianggap sepele. Sebagai pertolongan pertama Anda bisa meredakan nyeri otot dengan cara mengistirahatkan otot yang sakit, mengompres dengan air hangat atau mandi air hangat, serta menghindari melakukan aktivitas yang berat sampai rasa nyeri menghilang. Konsumsi juga pereda nyeri otot yang terpercaya seperti NEO rheumacyl tablet . Pereda nyeri yang dapat meredakan nyeri otot, nyeri sendi & pegal linu dan sudah teruji sejak lama dan bisa Anda dapatkan secara online dengan cara membelinya di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli & Lazada. Jika nyeri otot masih tak kunjung tuntas, hubungi dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda!

Sumber: halodoc.com

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More